Hujan Guyur Batam dan Sekitarnya, BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi

Hujan Guyur Batam dan Sekitarnya, BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi

Ilustrasi. (Foto: dok. Batamnews)

Batam, Batamnews - Hujan dengan intensitas sedang mengguyur hampir seluruh wilayah Pulau Batam, Kepulauan Riau pada Sabtu (28/1/2023).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi angin kencang dapat terjadi di Batam dan sekitarnya. Fenomena tersebut juga akan berdampak pada ketinggian gelombang yang akan terjadi. 

Forecaster On Duty BMKG Batam, Riska M. Manurung menjelaskan, adanya pusat tekanan rendah yang berada di laut China Selatan, mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan. 

"Adanya pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut di wilayah Kepulauan Riau, ujar Riska.

Baca: Deretan Penyakit yang Harus Diwaspadai saat Musim Hujan

Lebih lanjut, Riska mengatakan bahwa secara umum kondisi cuaca di wilayah Kepulauan Riau pada hari ini diprakirakan berawan dengan potensi hujan. 

Hujan itu terjadi dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir atau kilat yang disertai angin kencang.

"Untuk hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang terjadi pada pagi hari di wilayah Natuna dan Anambas," kata dia. 

"Sedangkan pada malam hingga dini hari terjadi di wilayah Batam, Bintan, Karimun dan Lingga," ditambahnya. 

Baca: Cuaca Buruk, ASDP Tunda Pelayaran KM Bahtera Nusantara 01

Riska juga mengimbau kepada masyarakat sekitar agar tetap mewaspadai terjadinya potensi banjir dan gelombang air laut yang tinggi. 

"Gelombang air laut mencapai 1.5 meter untuk wilayah Batam dan Karimun, 2.5 meter di perairan Lingga, 5.0 meter di perairan Bintan, 6.0 meter di perairan Anambas dan 7.0 meter di perairan Natuna," pungkasnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews