Cen Sui Lan Bawa Kabar Baik, Krematorium Terbesar se-Kepri Bakal Dibangun di Batam

Cen Sui Lan Bawa Kabar Baik, Krematorium Terbesar se-Kepri Bakal Dibangun di Batam

Cen Sui Lan memberikan sambutannya saat penyerahan bantuan sembako di Kijang. (Foto: via suaraserumpun)

Bintan, Batamnews - Krematorium atau tempat pembakaran mayat terbesar di Kepulauan Riau (Kepri), akan dibangun di Kota Batam pada tahun 2023 ini.

Kepastian pembangunan itu disampaikan langsung oleh Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar, Cen Sui Lan setelah Komisi V DPR RI mengadakan rapat kerja (Raker) bersama Menteri PUPR, Selasa (17/1/2023) lalu. 

Raker Komisi V DPR RI dengan Menteri PUPR, Basuki Hadi Mulyono itu telah membahas evaluasi kegiatan program tahun anggaran 2022. Sekaligus membahas program tahun anggaran 2023.

“Ada tiga poin yang saya tekankan kembali dalam Raker itu,” kata Cen disela-sela penyerahan bantuan paket sosial sembako Imlek di Panti Jompo Yayasan Bhakti Sasana Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Kamis (19/1/2023).

Baca juga: Cen Sui Lan Sponsori Lomba Karaoke Imlek 2023 di Batam, Dimeriahkan Artis Singapura

Sebelum Raker tersebut, Cen dan Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono telah memastikan akan membangun krematorium terbesar dan termegah se-Kepri, di Kota Batam. Pembangunan krematorium seluas 2 hektar ini direalisasikan pada tahun anggaran 2023 ini.

Pembangunan krematorium terbesar di Kota Batam ini berawal ketika Cen Sui Lan berkunjung ke Kantor Yayasan Sosial Budi Bakti, dalam kegiatan Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil), April 2022 lalu. Saat itu, Cen berdiskusi dan menerima aspirasi dari Rudy Tan selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Sosial Budi Bakti. Sekaligus sebagai pengelola krematorium.

Turut hadir Bambang Suherman Ketua Umum Yayasan Sosial Budi Bakti dan Herdiyanto Tenaga Ahli DPR RI. Cen Sui Lan menerima aspirasi, tentang pembangunan krematorium yang lebih besar, guna memenuhi layanan sosial.

Berdasarkan aspirasi tersebut, Cen membawa dan menyerahkan dokumen undangan pembangunan krematorium terbesar dan termegah se-Kepri di Kota Batam tersebut kepada Menteri PUPR pada Rapat Kerja Komisi V di Ruang Rapat Komisi V Gedung Nusantara I DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Baca juga: Cen Sui Lan Tebar 2.000 Paket Sembako Imlek di Tanjungpinang

Kemudian, Cen Sui Lan juga mendatangi Dirjen Bimas Budha Kementerian Agama, Nyoman Suriadarma, untuk berkoordinasi tentang rekomendasi pembangunan krematorium di Kementerian Agama. Rekomendasi tersebut sudah diterbitkan pada tanggal 26 April 2022.

Saat Rapat Kerja Komisi V DPR RI, awal Juni 2022 lalu, Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono mencoba akan membangun krematorium di Kota Batam itu. 

Cen Sui Lan menyebutkan, pembangunan krematorium terbesar se-Kepri di Batam itu, dilaksanakan di Batu Aji. Pembangunan di lahan khusus seluas 2 hektare, yang dikelola Yayasan Sosial Budi Bakti.

“Tahun 2023 ini, kami sudah ingatkan lagi kepada Pak Menteri PUPR. Tahun 2023 ini, semoga sudah terealisasi pembangunan krematorium terbesar di Kepri itu. Dan ini menjadi hadiah Imlek 2023,” pungkas Cen.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews