Pengguna Kartu Brizzi Sebut Proses Peralihan ke Fuel Card Rumit

Pengguna Kartu Brizzi Sebut Proses Peralihan ke Fuel Card Rumit

Proses Penukaran Kartu Brizzi ke Fuel Card di Kantor Bersama Pemko Batam. (Foto: Margaretha/Batamnews)

Batam, Batamnews - Proses peralihan kartu Brizzi ke Fuel Card masih terus berjalan. Kartu Fuel Card digunakan untuk pembelian solar bersubsidi dan mulai diberlakukan sejak 16 Januari 2023. 

Hanya saja, sejumlah pemegang kartu Brizzi yang telah menukarkan Fuel Card mengakui proses peralihan terbilang rumit.

Jefri, pemegang kartu Brizzi kepada Batamnews misalnya mengungkapkan kerumitan yang ditemukannya. 

Baca juga: Kartu Brizzi Diganti Fuel.Card Bukopin, Banyak Pengguna di Batam Belum Daftar Ulang

"Agak rumit karena harus cek fisik. Dengan ini kemungkinan bisa lebih tepat. Namun tak menutup kemungkinan tetap ada kecurangan," ujarnya. 

Ia berharap, sistem pengurusan Fuel Card itu dapat lebih dipermudah agar masyarakat tidak perlu berulang kali datang untuk mengurus kartu tersebut. 

Seperti diketahui, dengan dimulainya penggunaan Fuel Card ini, kartu Brizzi tidak berlaku lagi. Pemegang kartu Brizzi telah diberi kesempatan untuk mengganti kartu subsidi tersebut menjadi Fuel Card semenjak November 2022. 

Baca juga: Pemko Batam Luncurkan Fuel Card 3.0 Sebagai Pengganti Brizzi

Namun ternyata, masih ada pemegang kartu Brizzi yang belum menukarkan kartu mereka. Saat ini sudah 5.993 kartu Brizzi yang diganti ke Fuel Card dari total kartu Brizzi 12 ribu dan setelah dievaluasi menjadi 6.500 kartu. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian mengatakan pemegang kartu Brizzi yang belum memegang Fuel Card masih diperbolehkan untuk membeli solar bersubsidi. 

"Tapi diberikan bagi yang sedang menunggu kartunya keluar, pengendara tetap bisa membeli solar dengan menunjukkan buktinya ke petugas yang ada di SPBU," ujarnya, Kamis (19/1/2023).

 

Sejauh ini, para petugas Disperindag telah turun ke setiap SPBU di wilayah Batam untuk mengawasi pembelian soal di masa peralihan kartu. “Kartu Brizzi tidak dapat digunakan lagi,” katanya. 

Proses penukaran kartu ini sudah berlangsung sejak November hingga Desember 2022 lalu di seluruh SPBU Kota Batam dan Kantor Disperindag Kota Batam. Namun hanya 1.800 kartu Brizzi yang tertukar dari target 6.500 kartu. 

"Begitu kami batasi, dan Fuel Card kami aktifkan di 16 Januari, baru banyak yang mendaftar," kata Gustian.

Demi memudahkan masyarakat Kota Batam, cara mendaftar Fuel Card ini bisa secara online. Hanya saja cek fisik kendaraan perlu dilakukan lantaran ada beberapa yang mengurus Fuel Card tapi kendaraannya tidak ada.

"Kalau mobilnya ada, administrasinya lengkap, tak masalah. Tapi kalau mobil gak ada, tapi punya kartu inilah yang menjadi masalah dan tidak berhak menggunakan Fuel Card," tegasnya.

Persyaratan

Adapun persyaratan yang harus dilengkapi, yaitu, STNK mobil, foto mobil kiri kanan, kartu yang lama, kalau perusahaan pakai NIP, kalau pribadi pakai identitas pribadi dan buka rekening di Bank Bukopin. 

Transaksi Fuel Card ini hanya khusus solar dan pembayarannya juga metode gesek dari kartu tersebut. "Pembayarannya kayak model ATM," katanya.

Ia juga mengimbau bagi pemilik kartu Brizzi atau kendaraan solar yang belum mendaftar, agar segera mendaftar. Pihaknya membuka posko pengaduan di lantai 1 Gedung Bersama Pemko Batam. Posko pengaduan itu dibuka hingga 31 Januari mendatang. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews