Fenomena Langka, Es Berbentuk "Pancake" Tutupi Sungai di Skotlandia

Fenomena Langka, Es Berbentuk "Pancake" Tutupi Sungai di Skotlandia

"Ice Pancake" di Sungai Bladnoch, Skotlandia. (Foto: Callum Sinclair/Scottish Invasive Species Initiative)

Batam, Batamnews - Pecahan es berbentuk kue panekuk yang disebut "ice pancake" mengambang di Sungai Bladnoch, Wigtownshire, Skotlandia. Fenomena ini terjadi setelah suhu di Inggris turun.

Project manager Scottish Invasive Species Initiative (SISI), Callum Sinclair pertama kali melihat fenomena tersebut pada 9 Desember lalu. Sinclair lalu memoto fenomena tersebut dan dibagian di Twitter SISI.

"Saya pernah melihat "ice pancake" sebelumnya. Tapi ini secara khusus menarik karena bentuknya yang sempurna," jelasnya kepada Live Science.

Menurut Badan Meteorologi Inggris, es pancake ini merupakan struktur yang relatif langka yang biasanya terbentuk di laut, danau, dan sungai yang sangat dingin.

Di sungai, es pancake terbentuk ketika buih beku di atas permukaan air terperangkap dalam arus spiral yang disebut eddy.

Di perairan terbuka, es panekuk terbentuk ketika permukaan es hancur dan membulat saat arus dan gelombang menyebabkan bongkahan es bertabrakan satu sama lain.

Es panekuk ini bisa membesar antara 20 dan 200 sentimeter. Kendati terlihat sangat padat, bongkahan es ini mudah mencair dan hancur jika diangkat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews