Mudik Nataru, Ribuan Warga Tinggalkan Batam Naik KM Kelud ke Belawan

Mudik Nataru, Ribuan Warga Tinggalkan Batam Naik KM Kelud ke Belawan

Pemudik memadati Pelabuhan Batuampar Batam jelang Nataru (Foto: Margaret/Batamnews)

Batam, Batamnews - Sebanyak 3.572 pemudik mulai meninggalkan Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), lewat Pelabuhan Batuampar menggunakan KM Kelud menuju Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (22/12/2022).

Pada kesempatan itu, Direktur Utama PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), Tri Andayani meninjau langsung persiapan keberangkatan KM Kelud dengan rute Batam-Belawan.

“Batam merupakan salah satu daerah yang memiliki pelabuhan terpadat untuk masa Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, selain itu ada pelabuhan di Medan, Makassar, Ambon dan Jayapura,” ujarnya.

Tri menjelaskan, jumlah penumpang yang berangkat pada hari ini dengan rute Batam-Belawan lebih banyak daripada biasanya. Dan hal itu telah diperkirakan sebelumnya sehingga Kementrian Perhubungan memberikan dispensasi dari kapasitas normal.

Baca juga: Wisata Pantai di Karimun Diprediksi Bakal Ramai saat Libur Nataru

“Kementrian perhubungan memberikan dispensasi 30-35 persen dari kapasitas seat normal. Untuk total kapasitas normal KM Kelud berjumlah 2.607 seat,” katanya.

Ia menyebutkan, animo masyarakat untuk mudik ke kampung halamannya cukup luar biasa. Sehingga dispensasi yang diberikan terpakai seluruhnya.

“Kami sudah menyampaikan kepada penumpang, terkait dispensasi, mereka sudah terkomunikasi, dan terinfokan bahwa ada kuota dispensasi,” katanya.

Untuk ke depan, pihaknya akan mengevaluasi kegiatan arus mudik karena antusias masyarakat sangat besar. Saat itu, sebanyak 1.273 penumpang dari Belawan tiba di Batam. Selanjutnya penumpang dari Batam ke Belawan akan berangkat pada pukul 21:30 WIB.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews