AIIB Siap Biayai Pembangunan Mega Proyek Jembatan Batam-Bintan

AIIB Siap Biayai Pembangunan Mega Proyek Jembatan Batam-Bintan

Jembatan Babin (Foto: dok.PUPR)

Batam, Batamnews - Bank Investasi Infrastruktur Asia atau Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) menyatakan kesiapannya membiayai mega proyek jembatan Batam-Bintan (Babin) sebesar 300 juta dolar AS atau lebih kurang Rp4,5 triliun.

Bentuk keseriusan pembangunan jembatan itu disampaikan Gubernur Kepri saat pembahasan poin-poin kesepakatan pembangunan jembatan Batam-Bintan di ruang rapat kantor Kementerian PUPR, Direktorat Jenderal Bina Marga di Jakarta pada Kamis (15/12/2022).

"Selesai pembahasan ini, saya menunggu undangan lagi untuk tandatangan nota kesepahaman. Karena ini yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kepri saat ini," kata Ansar Ahmad, Jumat (16/12/2022) melansir Antara.

"Kami senang karena pemerintah pusat juga ternyata sangat 'concern' dan serius untuk segera mewujudkan proyek ini,” sebutnya.

Baca juga: Gaet Investor ke Bintan, PT BIIE Dorong Pembangunan Jembatan Babin Dipercepat

Menurut Ansar, rencana pembangunan megaproyek jembatan Batam-Bintan ini memang harus terjadi, karena diyakini mampu menjadi mesin penggerak perekonomian Kepri dan bahkan strategis untuk mendongkrak perekonomian nasional.

Dengan adanya angin segar ini, kata Ansar Ahmad, pihaknya segera menyelesaikan permasalahan yang belum selesai seperti pembebasan lahan yang akan digunakan menjadi tapak jembatan.

President and Chief Administration Officer AIIB, Luky Eko Wuryanto mengatakan, pembangunan jembatan Batam-Bintan adalah kegiatan yang dianggap penting karena diyakini mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia setelah pandemi COVID-19.

"Ini kegiatan yang kami anggap sangat penting karena ini menyangkut pertumbuhan ekonomi pasca pandemi. Semoga bisa menghasilkan sesuatu yg nyata di tahun depan. Kami harap juga agar apa-apa yang jadi persyaratan bisa dilaksanakan dengan lancar," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews