Peringati Hari Ibu, IBI Lingga Hadirkan Dokter Spesialis Kandungan Periksa Ibu Hamil di Lingga Timur

Peringati Hari Ibu, IBI Lingga Hadirkan Dokter Spesialis Kandungan Periksa Ibu Hamil di Lingga Timur

IBI Lingga menggelar baksos di Kecamatan Lingga Timur dalam rangka memeriahkan Hari Ibu ke-94 tahun 2022. (Foto: Istimewa untuk Batamnews)

Lingga, Batamnews - Hari Ibu selalu diperingati setiap tanggal 22 Desember. Di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), Ikatan Bidan Indonesia (IBI) setempat turut menggelar bakti sosial (Baksos) program tahunan dalam rangka memeriahkan peringatan ini.

IBI Lingga mengusung tekad ingin melihat ibu-ibu tersenyum. Adapun tema dari kegiatan ini yakni, "Kita Wujudkan Perempuan Sehat, Tangguh, Peran Terbesar Membentuk Generasi Unggul".

Ketua IBI Kabupaten Lingga, Susi Yenty mengatakan, baksos tersebut digelar di Kecamatan Lingga Timur. Katanya, IBI Lingga mendukung program pemerintah menurunkan angka stunting dan angka kematian ibu.

Baca juga: Bupati Lingga Lantik Dua Pejabat Lurah Pimpin Kelurahan Berlian dan Daik sepincan

"Stunting sebenarnya sudah ada sejak bayi masih dalam kandungan, maka pemeriksaan kehamilan menjadi satu- satunya intervensi dilakukan dengan kepatuhan melakukan pemeriksaan minimal 6 kali, dan 2 kali diantaranya USG oleh dokter," kata Susi usai melaksanakan baksos di Puskesmas Sungai Pinang, Lingga Timur, Selasa (20/12/2022).

Selain itu, ia menyebut bahwa IBI juga melakukan penyuluhan kanker payudara dan kanker leher rahim. Penyuluhan ini penting dikarenakan kanker payudara menjadi salah satu penyumbang kematian pertama di indonesia, di susul kemudian oleh kanker leher rahim.

Baca juga: BUP Respon Isu MV Lintas Kepri Bakal Layani Pelayaran ke Malaysia

"Setiap perempuan perlu mengetahui informasi ini sehingga dapat melakukan pemeriksaan secara dini. Untuk pemeriksaan ibu hamil dalam kegiatan ini dilakukan oleh dr. Nessia Dyah Anggraini SpOg," ujarnya.

"Kita juga ada pemberian 50 paket untuk ibu hamil, dan pemeriksaan IVA, serta pelayanan KB. Semua ini gratis. Alhamdulillah peserta sangat antusias," tambahnya.

Kehadiran IBI Lingga bersama dokter spesialis kandungan ke Lingga Timur dalam memberikan pelayanan, mempermudah para ibu hamil di wilayah tersebut untuk melakukan pengecekan kandungan mereka. Sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh ke RSUD yang ada di Ibu Kota Lingga.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews