10 Cara Mudah Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan yang Harus Diketahui

10 Cara Mudah Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan yang Harus Diketahui

Ilustrasi

Jakarta - Berbagai faktor dapat memperburuk penumpukan dahak di tenggorokan, seperti alergi, merokok, dan radang. Hal ini dapat menyebabkan sesak napas dan masalah paru-paru yang lebih serius.

Namun tenang dulu. Sebagai pertolongan pertama ala rumahan, ada sejumlah mengeluarkan dahak di tenggorokan. Berikut caranya.

1. Air Garam

Jika memiliki masalah radang tenggorokan, hal pertama yang dipikirkan masyarakat untuk mengatasinya adalah berkumur air garam. Cara ini memang terbilang efektif sejak lama karena mengandung antiseptik yang dapat membunuh kuman dan mengurangi produksi lendir di tenggorokan.

Caranya , campurkan setengah sampai satu sendok makan garam ke dalam segelas air biasa atau hangat. Berkumurlah selama 30 detik dengan posisi kepala sedikit mendongak. Ulang cara tersebut dengan konsisten di pagi hari.

2. Madu

Madu punya fungsi sebagai ekspektoran alami. Ekspektoran merupakan bahan aktif yang umumnya terdapat pada obat batuk atau salep gosok uap.

Madu bisa dikonsumsi begitu saja atau diracik dengan perasan jeruk nipis atau lemon guna menambah khasiatnya. Kedua jenis jeruk tersebut diketahui kaya akan vitamin C dan antioksidan yang baik untuk organ pernapasan.

3. Bawang Putih

Bawang putih mengandung komponen kuratif yang disebut allicin yang berguna mengencerkan lendir yang menyumbat saluran pernapasan. Umbi-umbian ini juga bersifat antibakteri sehingga mengurangi peradangan di tenggorokan.

 

4. Makanan Pedas

Capsaicin pada cabai berguna sebagai bahan bioaktif untuk mengencerkan lendir yang nantinya bisa lebih mudah dikeluarkan. Namun perlu diketahui, konsumsi terlalu banyak makanan pedas bisa mengganggu saluran pencernaan. Jadi, santaplah dengan porsi yang seimbang.

5. Permen Mint

Aroma mint yang sangat kuat berguna membantu melegakan saluran udara dan membuat pernapasan menjadi rileks. Juga, sifat anti bakteri dan anti inflamasinya membantu meredakan peradangan dan mengeluarkan lendir. Untuk mendapatkan khasiatnya tersebut, masyarakat bisa mendapatkannya dalam bentuk permen atau aromaterapi.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Cara ini termasuk paling sering direkomendasikan pada ahli medis. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, minum banyak air putih membantu mengangkat lendir yang menggumpal di tenggorokan. Setidaknya minumlah dua liter air putih setiap hari.

7. Jahe

Rempah dapur ini jangan diragukan lagi manfaatnya. Ia diyakini sebagai perawatan alami radang tenggorokan karena anti inflamasi dan anti bakteri.

Untuk menggunakannya, potong kecil-kecil dua ruas jahe yang sudah dibersihkan, lalu rebus dengan segelas air. Jika sudah mendidih, tunggu hingga sedikit dingin dan rebusan jahe pun siap diminum. Sebagai pilihan, masyarakat bisa menambahkan sedikit madu ke dalam rebusan tersebut.

8. Minyak Kayu Putih

Sari kulit kayu ini punya khasiat yang sangat baik untuk mengeluarkan dahak yang susah keluar. Oleskan minyak kayu putih di dada untuk membantu mengencerkan dahak yang menyumbat di saluran pernapasan.

9. Pakai Uap Hangat

Suhu panas dari uap hangat membantu membuka saluran pernapasan dan mengencerkan dahak di tenggorokan. Mandi air hangat atau penggunaan steamer merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uap tersebut.

 

10. Kencur

Selain jahe, bumbu dapur yang dapat digunakan sebagai obat alami pengencer dahak adalah kencur. Sebab, rempah ini mengandung borneol, methyl-pcumaric acid, cinnamic acid ethyl-ester pentadecane, cinnamic aldehyde, dan camphene yang bermanfaat untuk menghangat tubuh dan menghilangkan rasa sakit.

Caranya pun cukup mudah. Parut kencur yang sudah dicuci bersih, lalu peras hingga keluar sari-sarinya. Tambah setengah gelas air dan minum secara konsisten sekali sehari hingga kondisi tenggorokan mereda.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews