Qatar 2022 Jadi Ajang Piala Dunia Terakhir Deretan Pemain Tua Ini

 Qatar 2022 Jadi Ajang Piala Dunia Terakhir Deretan Pemain Tua Ini

Lionel Messi. (Foto: via CNN Indonesia)

Doha - Panggung Piala Dunia 2022 di Qatar baru saja berakhir. Gelaran sepakbola terakbar sejagat itu menahbiskan Argentina sebagai sang juara.

Kemenangan tim Tango menorehkan kisah manis bagi Lionel Messi. Banyak pihak menyebut, Qatar merupakan penampilan terakhir Messi di Piala Dunia.

Ia menebus kegagalan pada ajang yang sama 8 tahun di ajang yang sama. Saat itu, Argentina keok di tangan Jerman 0-1 kala tampil di partai puncak, di Stadion Maracana Brasil.

Tahun ini, Messi tak hanya mengantarkan Albicelleste juara. Ia juga meraih penghargaan sebagai pemain terbaik Piala Dunia 2022, tetapi tertinggal satu gol dari Kylian Mbappe dalam perebutan Sepatu Emas.

Baca: Daftar Juara Piala Dunia: Argentina 3 Kali, Brasil Masih yang Terbanyak

Torehan kisah manis Messi ini berbanding terbalik dengan sosok lain yang selalu dibandingkan dengan dirinya, yakni Cristiano Ronaldo.

Bintang berusia 37 tahun, yang saat ini tidak memiliki klub, harus menerima kenyataan bahwa terlepas dari kehebatannya, dia bukan lagi pemain pilihan pertama untuk Portugal, tim yang dia kapteni begitu lama.

Ronaldo menuju terowongan sambil menangis setelah kekalahan mengejutkan timnya 1-0 di tangan Maroko di perempat final, mengetahui peluang terakhirnya untuk mengangkat trofi telah terkubur.

"Dalam lima Piala Dunia yang saya mainkan, seringkali bersama pemain hebat dan didukung oleh jutaan orang Portugal, saya memberikan segalanya," kata Ronaldo dalam postingan Instagram.

Baca: Kalah dari Argentina, Deschamps: Ini Final yang Kejam bagi Saya

Neymar juga kesal setelah Brasil tersingkir di perempat final di tangan Kroasia, mengatakan dia "terpukul secara psikologis" dan mengisyaratkan dia mungkin memainkan pertandingan terakhirnya untuk negaranya.

Striker berusia 30 tahun itu melewatkan dua pertandingan di Qatar karena cedera, tetapi kembali menyamai rekor pencetak gol Pele sebanyak 77 gol bersama Selecao.

Selain ketiga pemain tersebut, beberapa kuda tua juga meyakini bahwa Qatar akan menjadi lapangan terakhir mereka menuju Piala Dunia.

Diantaranya adalah Luka Modric dari Kroasia (37 tahun), Robert Lewandowski dari Polandia (34), Luis Suarez dari Uruguay (35), pemain Jerman Thomas Mueller (33), bintang Belgia Eden Hazard (31), Gareth Bale dari Wales ( 33 ) dan peraih Ballon d'Or dari Prancis yang tidak memiliki kesempatan untuk dimainkan, Karim Benzema (34). 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews