Ulah Monyet Nakal Bikin Listrik di Bintan Padam

Ulah Monyet Nakal Bikin Listrik di Bintan Padam

Monyet kesetrum di trafo Kelurahan Kawal hingga menyebabkan listrik mati. (Foto: Istimewa)

Bintan, Batamnews - Trafo 08 milik PLN di Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), tiba-tiba meledak dan mengeluarkan percikan api, Kamis (24/11/2022) sore. Akibat ledakan itu listrik di beberapa perkampungan langsung padam.

Manager PLN Rayon Kijang, Firmansyah membenarkan adanya pemadaman listrik secara tiba-tiba di Kawal. Pemadaman itu terjadi karena ada gangguan jaringan listrik di Penyulang Iguazu.

"Terjadi gangguan jaringan tepatnya di Trafo 08 Kawal sehingga listrik padam," ujar Firman.

Baca juga: PLN Padamkan Listrik 15 Titik Lokasi di Bintan Selama Tiga Jam

Listrik padam terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Pihaknya telah menerjunkan tim untuk melakukan pengecekkan jaringan di Trafo 08 Kawal. Ternyata listrik itu padam karena ada seekor monyet yang memanjat tiang listrik dan bermain di Trafo 08 tersebut.

"Padahal sudah kami antisipasi pasang Pin Cover agar tak dapat diganggu oleh hewan apapun. Tapi masih kena juga ketika diganggu monyet," jelasnya

Akibat bermain listrik tegangan menengah, monyet tersebut mati seketika. Petugas langsung mengevakuasi monyet tersebut dari Trafo 08. Kemudian petugas juga memastikan alat-alat tidak ada yang rusak setelah itu aliran listrik kembali normal.

"Masalah ini dapat teratasi dengan cepat. Listrik kembali normal sekitar pukul 15.30 WIB," ucapnya.

(ary)
Komentar Via Facebook :