Cegah Kasus Corona Naik Lagi di Kepri, Satgas Minta Operator Kapal Tolak Penumpang Tak Pakai Masker

Cegah Kasus Corona Naik Lagi di Kepri, Satgas Minta Operator Kapal Tolak Penumpang Tak Pakai Masker

Suasana di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun. (Foto: dok. Batamnews)

Tanjungpinang, Batamnews - Guna mencegah penularan Covid-19, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), meminta operator kapal komersial menolak penumpang yang tidak memakai masker.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kepri, Adi Prihantara mengatakan, mobilitas penduduk antarpulau yang tinggi harus diiring dengan disiplin memakai masker. Apalagi baru-baru ini Omicron XBB dan turunannya masuk Batam.

"Kami minta kru kapal untuk tidak menerima penumpang yang tidak menggunakan masker karena potensial dapat tertular Covid-19 atau menularkan virus itu," kata dia, Senin (21/11/2022) melansir Antara.

Sekda Kepri itu menyebut, banyak penumpang yang tidak menggunakan masker saat berada di dalam kapal. Bahkan ada orang tua yang membawa anak-anaknya tidak menggunakan masker. Padahal pandemi Covid-19 belum berakhir.

Baca juga: Kepri Pamerkan Kerupuk Gonggong hingga Ikan Teri di Hari Ikan Nasional 2022 Sulteng

"Tentu kondisi seperti ini tidak dapat dibiarkan," katanya.

Ia menyatakan kru kapal memiliki peran strategis dalam mencegah penularan Covid-19. Mereka juga potensial tertular Covid-19 bila ada penumpang yang tidak memakai masker.

"Manajemen perusahaan pengelola kapal dapat membentuk kembali satgas seperti tahun 2021 untuk memastikan kru dan penumpang kapal menggunakan masker," ujarnya.

Ketaatan warga menerapkan prokes, kata dia, dapat menekan angkat kasus aktif COVID-19 yang dalam empat pekan terakhir meningkat. Jumlah kasus aktif di Kepri mencapai 177 orang, bertambah delapan orang.

Kasus aktif di Kepri paling banyak di Batam 111 orang, Tanjungpinang 17 orang, Kabupaten Bintan 31 orang, Kabupaten Karimun 16 orang, Kabupaten Lingga satu orang dan Kabupaten Natuna satu orang.

(ruz)
Komentar Via Facebook :