STY Sorot Penalti Slovakia Usai Timnas Indonesia U-20 Kalah

STY Sorot Penalti Slovakia Usai Timnas Indonesia U-20 Kalah

Calon pemain naturalisasi Rafael Struick bersama Zico Soree dimainkan pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae Yong dalam laga uji coba kontra Slovakia. (Dok. PSSI)

Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae Yong menyoroti penalti yang didapat Slovakia dalam laga yang berakhir dengan skor 1-2 di Pinatar Arena, Murcia, Sabtu (19/11/2022).

Timnas Indonesia U-20 sebenarnya punya peluang untuk menang atas Slovakia dalam laga yang berlangsung keras ini.

Garuda Nusantara bisa membuka keunggulan lebih dulu berkat gol Rafael Struick pada menit ke-28. Keunggulan 1-0 itu bahkan mampu dipertahankan sampai dengan menit ke-81.

Baca juga: Jadwal Pertandingan Timnas Prancis di Piala Dunia 2022

Namun satu kesalahan yang dilakukan Dzaki Asraf saat melanggar Viktor Slacky di dalam kotak 16 membuat wasit menunjuk titik putih. Timotej Jambor maju sebagai eksekutor dan melakukan tugasnya dengan baik untuk membuat skor menjadi 1-1 pada menit ke-82.

Dua menit berselang Damian Kachut membobol gawang Cahya. Skor 2-1 untuk kemenangan Slovakia bertahan hingga laga usai.

Seusai laga Shin Tae Yong menyoroti pelanggaran yang dilakukan Dzaki. Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan pemain seharusnya bisa lebih tenang dalam mengambil sebuah keputusan di lapangan.

Baca juga: Timnas Argentina Ogah Tinggal di Hotel Mewah Demi Bisa Pesta Barbekyu

"Masalah penalti, memang harus bisa bertahan dengan menunggu dan lebih stabil. Para pemain saat ini sliding-sliding saja, akhirnya dikasih penalti. Harusnya tidak buru-buru ke depannya," ucap Shin Tae Yong.

Selain bicara soal penalti, Shin Tae Yong melontarkan kekecewaannya terkait performa wasit Roca Robles. Ia menuding wasit terlalu memihak Slovakia.

"Melawan tim Eropa sekarang percaya dirinya [pemain Timnas Indonesia U-20] semakin meningkat. Tetapi agak tersinggung juga karena dari wasit agak sedikit memihak kepada lawan," katanya.

Hasil melawan Slovakia membuat Timnas Indonesia U-20 menelan dua kekalahan dalam ajang Costa Calida Region de Murcia Football Week 2022. Di pertandingan pertama Garuda Nusantara takluk 0-6 dari Prancis.

 

(fox)
Komentar Via Facebook :