Tips Mudah Menghilangkan Lemak Perut Membandel Biar Kamu Tambah Pede

Tips Mudah Menghilangkan Lemak Perut Membandel Biar Kamu Tambah Pede

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Lemak perut memang menyebalkan dan membuat hilangnya percaya diri bagi sebagian orang. Pasalnya, perut jadi tampak buncit, bergelambir, dan tidak enak dilihat.

Bukan hanya tidak enak dilihat, lemak perut yang membandel juga jadi faktor utama berbagai penyakit. Mulai dari diabetes tipe 2 hingga penyakit jantung.

Menghilangkan lemak di perut memang cukup sulit. Tapi jangan khawatir ada beberapa hal yang bisa Anda coba. Berikut beberapa tips alami menghilangkan lemak perut membandel:

Baca juga: Sederet Manfaat Mengonsumsi Kopi di Pagi Hari, Yuk Dicoba

1. Makan banyak serat larut

Serat larut menyerap air dan membentuk gel. Gel ini bisa membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan.

Studi menunjukkan bahwa serat jenis ini mendorong penurunan berat badan dengan membantu Anda merasa kenyang. Serat larut juga dapat membantu melawan lemak perut.

Sebuah studi observasional pada lebih dari 1.100 orang dewasa menemukan, untuk setiap peningkatan 10 gram asupan serat larut, penambahan lemak perut menurun sebesar 3,7 persen selama periode 5 tahun.

Beberapa makanan berserat itu, misalnya:

- Mi shirataki
- Kubis Brussel
- Alpukat
- Kacang-kacangan
- Blackberry

2. Konsumsi makanan berprotein tinggi

Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk mengatur berat badan. Protein juga meningkatkan laju metabolisme dan membantu Anda mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan.

Pastikan untuk memasukkan sumber protein yang baik setiap kali makan, seperti:

- Daging
- Ikan
- Telur
- Susu
- Protein whey
- Kacang polong

 

3. Jangan stres

Stres dapat membuat perut buncit. Ini bisa memicu kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol, yang juga dikenal sebagai hormon stres.

Penelitian menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut. Terlebih lagi, wanita yang sudah memiliki pinggang besar cenderung memproduksi lebih banyak kortisol sebagai respons terhadap stres. Peningkatan kortisol semakin menambah lemak di sekitar bagian tengah.

Untuk membantu mengurangi lemak perut, lakukan aktivitas menyenangkan yang menghilangkan stres. Berlatih yoga atau meditasi.

Baca juga: Juragan Kripto Ini Mendadak Miskin, Hartanya Amblas Rp 247 T!

4. Makan lebih banyak buah dan sayuran

Buah dan sayuran kaya nutrisi dan serat. Hal ini bisa meningkatkan kesehatan pencernaan yang baik. Melansir Men's Health, cobalah mengisi setengah piring dengan sayuran, atau mulailah makan dengan salad.

Anda juga bisa makan sayuran yang tinggi kandungan air, seperti mentimun, seledri, bok choy, dan zucchini. Sayuran ini bisa membantu Anda kenyang lebih lama.

5. Kurangi minuman manis

Penelitian menunjukkan bahwa sering minum minuman yang dimaniskan dengan gula bisa meningkatkan berat badan, obesitas, dan diabetes tipe 2. Cobalah lebih banyak minum air putih biasa daripada minuman manis, terutama bersoda.

6. Olahraga ringan

Menukil laman Medical News Today, olahraga dapat menurunkan berat badan di seluruh tubuh, termasuk di perut. Anda bisa memulai dengan olahraga ringan, berjalan kaki, atau lari-lari kecil di sekitar rumah.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews