Sederet Manfaat Mengonsumsi Kopi di Pagi Hari, Yuk Dicoba

Sederet Manfaat Mengonsumsi Kopi di Pagi Hari, Yuk Dicoba

Ilustrasi.

Batam - Mengonsumsi kopi di pagi hari menjadi rutinitas bagi sebagian orang. Hal ini sering dianggap bisa meningkatkan mood alias suasana hati.

Selain itu, secangkir kopi pagi diyakini bisa meningkatkan kemampuan berpikir serta mengembangkan kreativitas.

Seperti dilansir Halodoc, kafein pada kopi memang bisa meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, tetapi tidak berdampak langsung pada kreativitas seseorang. Penelitian lain juga menyebut bahwa kopi tidak memiliki dampak pada kinerja otak, terutama pada memori.

Namun, segelas kopi di pagi hari diketahui bisa membantu menjaga suasana hati tetap baik dan terhindar dari stres. Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapat dari konsumsi kopi pada pagi hari. 

Meski demikian, bukan berarti pencinta kopi tidak mendapat manfaat dari minuman ini. Nyatanya, rutin mengonsumsi segelas kopi di pagi hari bisa memberi sejumlah manfaat untuk tubuh, di antaranya: 

1. Anti Stres dan Depresi 

Rutin mengonsumsi segelas kopi hitam di pagi hari bisa membantu seseorang terhindar dari stres dan depresi. Pasalnya, kopi memiliki kandungan antidepresan serta bisa menjaga mood alias suasana hati lebih seimbang. 

Stres tidak hanya akan mengganggu aktivitas sehari-hari dan menurunkan produktivitas, tetapi bisa berdampak dalam jangka panjang, termasuk memicu depresi yang berujung pada penurunan kualitas hidup pengidapnya. 

2. Menurunkan Risiko Alzheimer 

Kandungan kafein dalam kopi juga disebut bisa menjaga kesehatan otak dan memperlambat penurunan fungsi otak yang terjadi karena proses penuaan. Maka dari itu, rutin minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer, demensia, dan penyakit Parkinson. 

3. Menurunkan Berat Badan 

Siapa sangka, kopi ternyata bisa membantu menurunkan berat badan, dengan catatan kopi yang dikonsumsi adalah kopi hitam tanpa tambahan gula atau creamer. 

Kafein yang terkandung di kopi hitam disebut bisa memacu metabolisme tubuh, sehingga akan membantu proses pembakaran lemak. Semakin cepat proses pembakaran lemak terjadi, artinya penurunan berat badan bisa dicapai. 

Namun tentu saja, manfaat ini hanya bisa didapat jika konsumsi kopi hitam secukupnya dibarengi dengan menjaga pola makan dan rutin berolahraga. 

4. Menurunkan Risiko Diabetes tipe 2

Mengonsumsi kopi hitam setiap hari juga bisa membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Pasalnya, kafein yang terkandung di kopi dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin sehingga penyakit ini bisa dicegah. 

Selain itu, kafein di dalam kopi juga bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Risiko kedua penyakit ini menurun karena ada kandungan asam klorogenat yang terdapat di dalam kafein.

Beragam manfaat kopi tersebut bisa didapat jika dikonsumsi sewajarnya. Sebaliknya, berlebihan dalam mengonsumsi kopi malah bisa memberi dampak yang kurang baik, bahkan memicu efek samping bagi kesehatan tubuh. 

Terlalu banyak mengonsumsi kopi bisa mengakibatkan gangguan tidur di malam hari, gelisah, jantung berdebar, hingga gangguan pencernaan. 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews