Penyebab Bau Kaki yang Wajib Diketahui: Minum Kopi Berlebihan hingga Stres

Penyebab Bau Kaki yang Wajib Diketahui: Minum Kopi Berlebihan hingga Stres

Ilustrasi (Foto: merdeka)

Jakarta, Batamnews - Penampilan merupakan suatu hal penting yang kerap jadi sumber rasa percaya diri seseorang. Tak heran setiap orang sangat memperhatikan penampilannya.

Salah satu fashion item penting yang bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang adalah alas kaki, ada sepatu atau pun sandal. Bukan sekedar memilih alas kaki yang cantik tetapi juga nyaman dipakai.

Kamu juga perlu memperhatikan kebersihan alas kakimu agar tidak memicu bau kaki. Selain alas kaki yang lembap dan kotor, ada banyak sekali penyebab lain dari bau kaki yang wajib kamu ketahui.

Melansir Eat This Not That, bau kaki juga bisa terjadi karena keringat berlebih atau hiperhidrosis. Keringat berlebihan bisa menjadi lingkungan sempurna bagi jamur dan bakteri untuk hidup dan berkembang biak.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa kebiasaan penyebab bau kaki:

1. Tidak pakai kaus kaki

Saat mengenakan sepatu, kaus kaki menjadi salah satu bagian penting yang tidak boleh dilewatkan. Mengenakan sepatu tanpa kaus kaki membuat bakteri lebih mudah berkembang biak. Hal ini terjadi karena keringat langsung masuk ke sepatu. Akhirnya kaki menjadi bau.

2. Tidak menjaga kebersihan

Jika Anda malas mandi dan mencuci kaki, mengalami bau kaki seharusnya bukan sesuatu yang mengejutkan. Melansir The Healthy, penting untuk menjaga kebersihan tubuh dan kaki dengan rutin mandi dan mencucinya agar bakteri tidak tumbuh subur.

3. Minum kopi berlebihan dan minum alkohol

Minum terlalu banyak kopi dan alkohol bisa menyebabkan keringat berlebih. Ketika tubuh menghasilkan banyak keringat, hal sama juga akan terjadi pada kaki yang mengenakan sepatu.

Saat keringat muncul terlalu banyak, bakteri penyebab bau kaki bisa datang dengan mudah. Kurangi kopi dan alkohol agar keringat di tubuh Anda tidak berlebihan.

4. Stres dan cemas

Stres dan kecemasan dapat menyebabkan keringat. Hal ini bisa meluas ke kaki Anda yang berkontribusi pada bau kaki.

5. Jarang ganti sepatu

Melansir WebMd, mengenakan sepatu yang sama setiap hari atau tidak cukup sering mengganti sepatu bisa membuat kaki bau. Gantilah sepatu sesering mungkin, terutama kaus kaki harus diganti setiap hari.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews