Juragan Kripto Ini Mendadak Miskin, Hartanya Amblas Rp 247 T!

Juragan Kripto Ini Mendadak Miskin, Hartanya Amblas Rp 247 T!

Sam Bankman-Fried. Foto: Dok. Reuters

Batam  - Malang benar nasib Sam Bankman-Fried. Dia dikenal kaya raya karena keberhasilan perusahaan penukaran kripto miliknya, FTX. Namun mendadak perusahaan itu bangkrut dan dia pun jadi miskin seketika.

Dalam perhitungan Bloomberg, pada awal minggu ini kekayaannya masih USD 16 miliar atau sekitar Rp 247 triliun. Akan tetapi seiring kolapsnya FTX yang telah mengajukan kebangkrutan, asetnya menajadi nol, yang menurut Bloomberg adalah salah satu kehancuran kekayaan terbesar dalam sejarah.

Bankman telah resign dari posisi CEO FTX. Kekayaannya, yang terkait dengan aset digital, pernah menyentuh USD 26 miliar.

Baca juga: Harga Kripto Memerah Hari Ini, Bitcoin dkk Kembali Loyo

Bankman punya 70% kepemilikan FTX, tapi sekarang nilainya nyaris nol. Keterpurukannya disebut karena ulah Bankman sendiri. ia beberapa bulan terakhir malah sibuk menyelamatkan perusahaan kripto lainnya.

Tiga orang yang dekat dengan operasi perusahaan juga mengatakan beberapa kesepakatan malah membuat perusahaan tambah merugi dan akhirnya hancur.

Bankman sendiri saat ini berada di Bahama di mana dia menjadi penduduk permanen di sana. Ada laporan dia mencoba pergi ke Argentina, seiring otoritas ingin menyelidiki perbuatannya.

Baca juga: Kim Kardashian Didenda Rp 15 Miliar Gegara Promosikan Mata Uang Kripto

Akan tetapi dalam teks singkat yang diterima CNBC, Bankman mengaku tidak kemana-mana, masih tetap di Bahama. Terlebih ada kabar dana antara USD 1 miliar sampai USD 2 miliar muilik nasabah FTX menghilang tanpa jejak.

Tentu saja kejadian ini sangat merusak reputasi Sam Bankman Fried. Dia dikenal sebagai orang kaya yang rendah hati, bahkan sering memberikan uangnya untuk kegiatan amal. Kini kekayannya bisa dikatakan hampir lenyap dan juga harus menghadapi penyelidikan dari otoritas terkait bangkrutnya FTX.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews