7 Cara Alami Ampuh Usir Semut di Rumah Tanpa Harus Membunuh

7 Cara Alami Ampuh Usir Semut di Rumah Tanpa Harus Membunuh

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Semut adalah serangga yang paling sering ditemui di rumah. Tak sedikit orang merasa risih dengan keberadaan serangga yang satu ini.

Biasanya semut datang bergerombol dan mengerubuti makanan atau minuman manis, dinding berlubang, hingga tanaman. Tak hanya itu, semut juga suka menggigit dan menyebabkan bentol di kulit.

Sebelum mengusir semut-semut dari dalam rumah, Anda perlu tahu beberapa penyebab paling umum yang bisa mengundang semut masuk ke rumah.

• Dinding retak atau lantai berlubang merupakan tempat paling disukai semut untuk membangun koloninya.

• Hujan lebat umumnya membuat suhu udara jadi lembap. Di kondisi ini semut-semut dari dalam tanah akan bermigrasi ke dalam rumah untuk mencari tempat kering.

• Sisa makanan manis yang jatuh ke lantai.

• Makanan atau minuman manis yang dibiarkan terbuka.

• Cuaca terlalu panas di luar bisa membuat semut masuk ke dalam rumah untuk mencari tempat sejuk.

• Rumah kotor, banyak menumpuk sampah, atau ada bangkai binatang dapat menjadi salah satu pemicu semut-semut masuk ke rumah.

 

Mengutip dari Healthline, cara mengusir semut ini dapat menggunakan bahan-bahan alami yang relatif aman sehingga tidak mesti menyakiti ataupun membunuhnya.

Tapi, Anda juga tetap bisa menggunakan cairan pembasmi serangga khusus supaya semut-semut tersebut enggan kembali lagi ke tempat sebelumnya.

1. Insektisida serangga

Saat ini sudah ada insektisida serangga berbahan alami yang ampuh mengusir semut. Bahkan cara kerjanya tidak langsung membunuh semut di tempat.

Cukup semprot insektisida serangga satu kali di area yang sering dilewati semut. Keesokan harinya semut-semut itu sudah tidak akan mampir lagi ke tempat Anda.

2. Cabai

Cara mengusir semut tanpa membunuh bisa menggunakan cabai. Bumbu masak dengan rasa pedas ini sangat dibenci semut. Anda cukup meletakkan 1-2 buah potongan cabai ke sudut-sudut atau area yang sering dilalui semut.

3. Lada hitam

Sama seperti cabai, lada hitam juga mempunyai aroma dan rasa pedas yang tidak disukai oleh semut. Biji lada hitam utuh bisa ditebar di sekeliling makanan atau tempat-tempat yang dilewati semut supaya mereka pergi.

4. Kapur barus

Kapur barus mengandung bahan kalsium karbonat yang diklaim ampuh membasmi serangga, termasuk semut. Cukup buat garis menggunakan kapur barus di area semut biasa melintas. Garis dari kapur barus itu akan mengeluarkan aroma khas yang dibenci semut.

 

5. Daun mint

Cara mengusir semut dari dalam rumah bisa dengan tanaman daun peppermint atau insektisida berbahan dasar daun mint. Sama seperti lada hitam dan cabai, semut-semut umumnya tak menyukai aroma tajam dari peppermint.

6. Lemon

Alternatif lain untuk mengusir semut yaitu menggunakan cairan pembersih lantai beraroma lemon. Selain menyegarkan suasana ruangan, wangi sitrus dari lemon ternyata tidak disukai oleh semut.

7. Kulit jeruk

Cara mengusir semut berikutnya yaitu dengan memanfaatkan kulit jeruk. Anda bisa menggunakan kulit jeruk sunkist atau kulit lemon. Cukup meletakkan kulit jeruk di area yang paling sering dilalui semut. Nantinya semut-semut itu akan mangkir sehingga menjauh dari tempat tersebut.

Selain menerapkan cara mengusir semut tanpa membunuh di atas, Anda juga perlu membersihkan tempat-tempat yang mengundang kehadiran mereka. Pastikan rumah dalam kondisi selalu bersih dan bebas dari sisa makanan maupun sampah.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews