Bagian Tubuh yang Baik untuk Dikompres saat Anak Demam

Bagian Tubuh yang Baik untuk Dikompres saat Anak Demam

Ilustrasi anak demam. (Foto: Envato elements)

Jakarta, Batamnews - Demam pada anak bisa membuat orangtua merasa khawatir. Biasanya, ayah dan ibu akan melakukan beberapa perawatan di rumah untuk membantu menurunkan suhu tubuh Si Kecil.

Salah satu cara menurunkan panas yang sering digunakan adalah kompres dengan kain basah. Cara ini dipercaya bisa membantu menurunkan suhu tubuh menjadi normal.

Namun, masih banyak orang tua yang mempertanyakan di bagian tubuh mana yang tepat untuk menaruh kompres.

Dokter umum RSU Kota Tangerang Selatan, Ullia Rahmatika mengatakan, terdapat beberapa bagian tubuh yang dianjurkan untuk dikompres saat anak demam, yakni lipatan-lipatan tubuh seperti ketiak dan lipatan paha atau selangkangan. 

Baca juga: Catat! Gangguan Ginjal Misterius Terbanyak Dialami Usia 1-6 Tahun

"Jadi memang yang tersebar di masyarakat itu paling mudah kompres di bagian dahi. Kenapa? Karena mungkin bagian dahi itu letak yang paling mudah karena suatu bidang yang luas," ujar Ullia melansir CNNIndonesia.com, Jumat (21/10/2022).

Namun, ia menyebut terdapat beberapa penelitian dan ahli kesehatan yang mengatakan bahwa melakukan kompres di lipatan-lipatan tubuh seperti ketiak, lipatan paha atau selangkangan itu lebih signifikan dan bermakna.

"Di bagian-bagian tubuh tersebut terdapat pembuluh-pembuluh darah besar yang lebih cepat memberikan sinyal ke otak untuk menurunkan subuh tubuh, atau yang biasa kita sebut efek vasodilatasi," jelasnya.

Ketika pembuluh darah melebar, lanjutnya, suhu tubuh pun menjadi cepat turun dengan cara pengeluaran keringat yang lebih cepat. "Itulah kenapa disarankan untuk mengompres di lipatan-lipatan tubuh, karena terdapat pembuluh darah besar," ucapnya.

Lebih lanjut, Ullia pun mengatakan untuk mengompres anak saat demam sebaiknya menggunakan kompres hangat dengan suhu 40-45 derajat celsius selama 15 hingga 20 menit agar demam cepat turun.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews