Catat! Gangguan Ginjal Misterius Terbanyak Dialami Usia 1-6 Tahun

Catat! Gangguan Ginjal Misterius Terbanyak Dialami Usia 1-6 Tahun

Ilustrasi (Foto: iStockphoto)

Jakarta, Batamnews - Per Senin (24/10/2022), Kementerian Kesehatan RI melaporkan Indonesia telah mencatat 245 kasus gangguan ginjal akut misterius. Di antara total kasus tersebut, sebanyak 141 pasien meninggal dunia.

Angka tersebut merupakan data akumulasi dari 26 provinsi di Indonesia. Dengan jumlah kasus terbanyak berada di DKI Jakarta dengan 55 kasus, disusul oleh Jawa Barat dengan total 34 kasus dan Aceh dengan 28 kasus.

Dari segi umur, kasus gangguan ginjal akut misterius paling banyak dialami oleh kelompok usia 1 hingga 5 tahun dengan total 161 kasus. Berikut jumlah kasus pada kelompok usia kurang dari satu tahun hingga 18 tahun:

Baca juga: Kasus Meninggal Gagal Ginjal Akut di Kepri Bertambah Jadi 6 Orang

  • < 1 tahun: 25 kasus
  • 1-5 tahun: 161 kasus
  • 6-10 tahun: 35 kasus
  • 11-18 tahun: 24 kasus

Dalam kesempatan sebelumnya, Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta dr Ngabila Salama menjelaskan pada banyak kasus, gejala awal gangguan ginjal akut misterius serupa dengan infeksi saluran cerna hingga batuk-pilek.

Keluhan awal terbanyak muncul yaitu malaise, muntah, mual, kehilangan nafsu makan, nyeri bagian perut.

"Gejala yang paling banyak pertama adalah demam, lalu lemas dan gangguan saluran cerna dalam hal ini nyeri perut, mual, muntah," terang dr Ngabila dalam siaran YouTube Dinkes DKI, Sabtu (22/10/2022).

"Dari waktu antara ada gejala yang pertama kali sampai dengan tidak ada kencing sama sekali itu sekitar rata-ratanya lima sampai 9 hari," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews