Kepri Targetkan Peringkat 5 Besar MTQ Nasional XXIX di Kalimantan Selatan 2022

Kepri Targetkan Peringkat 5 Besar MTQ Nasional XXIX di Kalimantan Selatan 2022

Rombongan pendamping Kafilah Kepri di MTQ Nasional Kalimantan Selatan 2022. (Foto: ist)

Bintan, Batamnews - Kafilah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), ditarget masuk lima besar dalam perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-XXIX Tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kegiatan yang difokuskan di Astaka Utama Kiram Park, Kabupaten Banjar itu secara resmi dibuka pada Rabu (12/10/2022) malam. Kafilah Kepri yang ikut sebanyak 54 orang dan dipimpin langsung oleh Wakil Ketua III DPRD Kepri, dr. Tengku Afrizal Dahlan.

MTQ XXIX akan berlangsung 10-19 Oktober 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan, dengan mengusung tema “Dengan MTQ Nasional Kita Tingkatkan Kualitas SDM yang Unggul dan Qur’ani untuk Mewujudkan Masyarakat yang Religius dan Moderat”.

Dalam perhelatan MTQ Nasional 2022 ini, Kafilah Kepri akan mengikuti 8 cabang dan 46 golongan, yaitu Cabang Seni Al-Qur'an dengan 10 golongan putra dan putri, Cabang Qira'at Al-Qur'an dengan 6 golongan putra dan putri, Cabang Hifzhil Qur'an/Hafalan Al-Qur'an dengan 10 golongan putra dan putri.

Baca juga: Farhan Muhammadi, Hafiz Asal Medan Sumut Raih Juara Pertama MTQ Internasional di Maroko

Selanjutnya Cabang Tafsir Al-Qur'a yang terdiri dari 6 golongan putra dan putri, Cabang Fahmil Qur'an dengan 2 golongan beregu putra dan putri, Cabang Syarhil Qur'an dengan 2 golongan beregu putra dan putri, Cabang Kaligrafi Al-Qur'an dengan  8 golongan beregu putra dan putri, dan Cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur'an (KTIQ) dengan 2 golongan putra dan putri.

54 orang peserta yang mengikuti MTQ Nasional dari Kafilah Provinsi Kepri merupakan putra dan putri terbaik dari 6 kabupaten/kota di Kepri. Kota Batam menyumbang peserta terbanyak yaitu 25 orang, lalu Kabupaten Karimun sebanyak 14 orang, Lingga 7 orang, Bintan 5 orang, Kepulauan Anambas 2 orang, dan Natuna 1 orang.

Ketua Kafilah Provinsi Kepri, Tengku Afrizal Dahlan mengatakan bahwa pada MTQ Nasional 2022 ini Provinsi Kepri menargetkan bisa masuk dalam 5 besar peringkat nasional.

"Mohon doa dan dukungan kepada Pak Gubernur, Ibu Wakil Gubernur, Sekretaris Daerah dan seluruh masyarakat Provinsi Kepri untuk kesuksesan Kafilah Kepri," kata Tengku Afrizal Dahlan.

Baca juga: Musda LPTQ 2022, Pemkab-Kemenag Tentukan Tuan Rumah MTQ Kabupaten Bintan 2024

Gubernur Ansar pun turut memberikan dukungan dan semangat untuk seluruh qari-qariah, hafidz-hafidzah, mufasir-mufasirah dan semua kafilah tampil maksimal dan terbaik membawa nama Provinsi Kepri.

"Saya yakin kafilah Provinsi Kepri sudah menyiapkan usaha yang maksimal untuk MTQ Nasional, usaha maksimal itu semoga memberikan hasil yang terbaik untuk mengharumkan nama Kepri di tingkat nasional," kata Gubernur Ansar.

Dalam berbagai perhelatan MTQ dan STQ tingkat nasional tahun-tahun sebelumnya, Kafilah Kepri sudah terbukti mampu mendulang berbagai prestasi. Diantaranya MTQ Nasional ke-27 di Medan tahun 2018 yang meraih peringkat 4.

Kemudian lalu STQ Nasional ke-24 di Tarakan tahun 2017 meraih peringkat 2, MTQ Nasional ke-26 di Mataram tahun 2016 meraih peringkat 3, STQ Nasional ke-23 di Bangka Tengah tahun 2015 meraih peringkat 2, dan yang paling membanggakan adalah MTQ Nasional ke-25 di Batam dimana Kafilah Provinsi Kepri meraih peringkat 1.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews