Salat Jumat di Masjid Agung Batam Dipindahkan ke Masjid Sementara Mulai Pekan Depan

Salat Jumat di Masjid Agung Batam Dipindahkan ke Masjid Sementara Mulai Pekan Depan

Masjid sementara yang dibangun di kawasan Masjid Agung Batam, (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Pelaksanaan salat Jumat di Masjid Agung Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau masih dilaksanakan di gedung utama pada Jumat (30/9/2022). 

Selanjutnya pada pekan depan, salat Jumat dilaksanakan di masjid sementara yang telah terbangun tak jauh dari lokasi bangunan utama. 

Ketua Dewan Masjid Agung Batam Centre, Azmansyah mengatakan tidak hanya salat Jumat saja, mulai pekan depan salat lima waktu juga dilaksanakan di masjid sementara. 

“Hari ini, salat Jumat masih di gedung utama,” ujar Azman. 

Baca: Masjid Agung Batam Center Ditutup 18 Bulan, Ini Penampakan Bangunan Sementara

Ia mengakui bangunan masjid sementara memiliki kapasitas yang terbatas. Untuk itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat yang mau beribadah bisa mengunjungi masjid terdekat Masjid Agung. 

“Kapasitasnya luar dalam masjid sementara bisa menampung 300 orang,” katanya. 

Walaupun begitu, pihaknya akan menyiapkan tenda di luar bangunan masjid sementara. Tujuannya, agar dapat menampung para jamaah yang tidak tertampung di dalam masjid sementara. 

"Tetapi kita tetap menyarankan masyarakat salat di masjid sekitarBatam Center. Masih banyak lagi masjid lainnya," katanya.

Baca: Revitalisasi Masjid Agung Batam: Masjid Sementara Dibangun, Kapasitas 250 Jemaah

Untuk diketahui, bangunan masjid mementara terletak di samping kantor operasional masjid yang berada di sebelah kantin Masjid Agung Batam. 

Sebagai persiapan untuk digunakan, pihaknya telah memasang 4 unit Air Conditioner (AC) standing di dalam bangunan masjid sementara. Pemasangan AC itu untuk memberikan kenyamanan jemaah dalam beribadah. 

“Segala kegiatan publik yang berada di Masjid Agung untuk sementara dipindahkan di bangunan masjid sementara, supaya memudahkan pada kontraktor,” jelasnya. 

Kantin Ditutup

 

Selain itu, untuk sementara waktu aktivitas di kantin masjid akan ditutup, ditambah juga kegiatan rutin seperti pengajian ibu-ibu juga ditutup. 

"Hanya kegiatan anak-anak aja dipindah ke masjid sementara. Targetnya selesai di akhir 2023," katanya.

Seperti diketahui, pemindahan aktivitas ibadah ke masjid sementara ini menyusul proses revitalisasi Masjid Agung Batam yang sedang berlangsung.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews