Ini Dia Fasilitas Masjid Agung Batam Center yang Ditingkatkan

Ini Dia Fasilitas Masjid Agung Batam Center yang Ditingkatkan

Penambahan basement gedung utama Masjid Agung Batam Center.

Batam, Batamnews - Sejak selesai dibangun tahun 2002, Masjid Agung Batam baru direvitalisasi secara besar-besaran pada tahun 2022. Proses revitalisasi ini direncanakan akan memakan waktu selama kurang lebih 1,5 tahun. Diperkirakan selesai pada 2023.

Dalam rencana revitalisasi masjid, eksisting gedung utama masjid tetap dipertahankan. Hanya ada penambahan basement di sebelah gedung utama.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Suhar menyampaikan proses revitalisasi masjid sedang berlangsung saat ini. Pada tahap awal akan dibangun basement yang difungsikan sebagai tempat parkir dan tempat wudhu.

Dengan begitu, masyarakat yang biasanya parkir kendaraan terutama mobil di luar kawasan masjid, nantinya bisa menggunakan basement yang terdiri dari dua lantai. Fasilitas ini dibuat agar para jemaah yang ingin salat bisa lebih nyaman.

“Untuk tempat wudhunya berada di lantai 1 basement. Mirip seperti Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah,” ujar Suhar, Selasa (16/8/2022).

Selanjutnya untuk tempat wudhu yang sebelumnya terletak di lantai bawah gedung utama masjid, akan disulap menjadi ruang serbaguna. Ruangan ini memiliki luas 450 meter persegi, yang dapat menampung hingga 250 orang.

Suhar menjelaskan, ruang serbaguna ini dapat disewa oleh masyarakat umum. Misalnya digunakan untuk acara akad nikah, atau acara-acara yang lain sesuai dengan ketentuan.

Kemudian fasilitas lainnya yaitu ruangan sholat yang diperluas. Karena selama ini, ketika sholat jumat, ruangan sholat penuh hingga beberapa jemaah sholat di tangga menuju tempat wudhu.

“Ruangan sholat semakin diperluas, menyesuaikan bentuk bangunan utama masjid,” kata Dia.

Kemudian terakhir, setelah direvitalisasi, Masjid Agung akan memiliki satu gerbang VIP, dan dua gerbang dengan masing-masing dilengkapi dua menara.

Gerbang VIP ini khusus bagi para unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida), dan juga Gubernur serta Wakil Gubernur Kepulauan Riau. Dari gerbang tersebut, dapat langsung menuju lantai atas gedung masjid.

“Ada 5 menara, sebelumnya atap masjid berbentuk limas dirubah menjadi kubah, ada 4 kubah,” kata Dia.

Saat ini, proses revitalisasi sedang berlangsung. PT Adhi Karya merupakan pemenang tender revitalisasi Masjid Agung Batam Center. Dari pagu anggaran sebesar Rp210 miliar, PT Adhi Karya menang dengan penawaran Rp167,9 miliar.

(ret)
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait