Revitalisasi Dimulai, Masjid Agung Batam Centre Bakal Miliki 2 Lantai Basement

Revitalisasi Dimulai, Masjid Agung Batam Centre Bakal Miliki 2 Lantai Basement

Perspektif Masjid Agung Batam Centre yang hendak direvitalisasi.

Batam, Batamnews - Proses revitaliasi Masjid Agung Batam Centre, Kepulauan secara fisik mulai berjalan. Proyek akan mulai bergulir usai Hari Raya Idul Adha 2022.

Penandatanganan kontrak antara Pemerintah Kota Batam dengan pemenang lelang revitalisasi masjid, PT Adhi Karya sudah dilakukan beberapa waktu lalu, dan akan serah terima lapangan. 

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) Kota Batam, Suhar mengatakan pihaknya akan melakukan mutual check dan menyesuaikan rencana biaya anggaran (RAB). 

“Alat berat akan masuk usai Idul Adha,” ujar Suhar, Senin (11/7/2022).

Namun sebelumnya, sekeliling masjid akan dipagari. Di samping itu, pihaknya akan membangun ruang masjid sementara. Di mana lokasinya berdekatan dengan kantin masjid saat ini. 

“Jadi salat 5 waktu, salat jumat dan ibadah utama akan dilaksanakan di masjid sementara,” kata dia. 

Secara tahapan, proses revitalisasi akan dimulai dari pengerjaan halaman masjid dan pembangunan basement 2 lantai dan dilanjutkan dengan menambah bangunan masjid. 

"Halaman masjid banyak berubah. Kemudian buat basement 2 lantai ke bawah. Bersamaan paralel, penambahan bangunan masjid, perubahan struktur masjid lama," jelasnya.

Baca: Gandeng Adikarya, Pemko Batam Gesa Revitalisasi Masjid Agung Batam Centre

Anggaran revitalisasi masjid mencapai Rp 210 miliar, dengan proses penganggaran secara multiyears atau bertahap dengan perkiraaan pembangunan tiga tahun. 

Pada tahap pertama, proses revitalisasi menggunakan anggaran sebesar Rp 63 miliar, tahun kedua sebesar Rp 94 miliar dan pada tahun ketiga sebesar Rp 53 miliar. 

“Pada tahun 2024, proses revitalisasi diperkirakan selesai,” kata Suhar. 

Secara rinci, proses kontruksi masjid pada tahun 2022 meliputi pembongkaran plasa masjid dan akan digali untuk selanjutnya dijadikan basement dua lantai. Pada lantai dasar akan dijadikan lokasi parkir kendaraan. 

Untuk bagian atas basement akan diberi batu granit sehingga bisa juga dipakai sebagai ruang salat dalam kapasitas besar.

“Jadi tahap awal yang berjenjang ini akan kita bongkar dan gali untuk dibuat baseman dua lantai,” kata Suhar.

Kemudian sayap masing-masing tiap sisi masjid akan ditambah. Ruang toilet dan tempat wudhu saat ini akan diganti untuk dijadikan ruang salat dan ruang serbaguna dua lantai. Selanjutnya menara masjid akan ditambah, namun tidak termasuk menara utama. 

Baca: Revitalisasi Masjid Agung Batam Centre Mulai Juli, Aktivitas Ibadah Ditutup

Selain itu, revitalisasi Masjid Agung Batam Center juga mencangkup bagian atap masjid. Dimana semua ornamen atap akan diganti semua. Selanjutnya koridor yang saat ini rusak dan pecah-pecah akan diganti dengan koridor yang lebih besar.

“Kita juga mengusulkan ketika pembangunan mulai dilakukan, masjid ditutup sementara, karena akan bahaya juga pada saat revitalisasi dipakai buat ibadah,” katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews