Masjid Agung Batam Center Ditutup 18 Bulan, Ini Penampakan Bangunan Sementara

Masjid Agung Batam Center Ditutup 18 Bulan, Ini Penampakan Bangunan Sementara

Bangunan sementara yang akan digunakan jemaah selama Masjid Agung Batam Center direvitalisasi. Diperkirakan lama proyek selama 18 bulan. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Bangunan Masjid Agung Batam Center sedang direvitalisasi. Kegiatan ibadah akan dilakukan di bangunan sementara waktu hingga proyek revitalisasi rampung .

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CTKR), Suhar mengatakan masjid sementara tersebut sudah dapat digunakan pada Jumat (30/9/2022).

“Jumat besok sudah bisa dipakai salat bagi jamaah,” ujar Suhar, Senin (26/9/2022).

Baca juga: Ini Dia Fasilitas Masjid Agung Batam Center yang Ditingkatkan

Ia menjelaskan, kapasitas masjid sementara tersebut dapat menampung sekitar 180 orang. Sementara itu, bangunan utama Masjid Agung akan ditutup untuk publik karena akan dilakukan proses revitalisasi. 

“Kalau sudah kita pergunakan masjid sementara, berarti Masjid Agung kita tutup. Agar tidak mengganggu pekerjaan revitalisasi," katanya. 

Bangunan masjid sementara dibuat dengan sistem bongkar pasang (knock down). Agar ketika bangunan masjid utama selesai direvitalisasi, maka dapat dibongkar kembali. “Nanti tinggal dibongkar aja, biar mudah,” kata dia.

Baca juga: 6 Fakta Diubahnya 'Wajah' Masjid Agung Batam Center yang Ikonik  

Bangunan masjid sementara berada tepat di samping gedung kantin. Bangunan masjid sementara didominasi cat berwarna putih dengan atap berwarna merah. Di sampingnya terdapat tempat wudhu. 

Proses revitalisasi Masjid Agung Batam Centre akan berlangsung kurang lebih selama 1,5 tahun. Adapun revitalisasi masjid yang dilakukan terdiri dari penambahan basement, ruang serba guna, menara dan mengganti atap masjid menjadi kubah. 

Revitalisasi Masjid Agung Batam Center memerlukan waktu 18 bulan. Pagu anggaran sebesar Rp 209 miliar. Namun PT Adhi Karya sebegai pemenang lelang memberikan penawaran senilai Rp 167 miliar. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews