Stok Vaksin Covid-19 di Kepri Habis, Layanan Vaksinasi Termasuk Booster Dihentikan

Stok Vaksin Covid-19 di Kepri Habis, Layanan Vaksinasi Termasuk Booster Dihentikan

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Stok vaksin Covid-19 di Kepulauan Riau (Kepri) telah kosong. Sejak Senin (26/9/2022), sejumlah sentra vaksinasi di Batam telah menghentikan layanan vaksin bagi masyarakat. 

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengatakan bahwa pihaknya telah menyurati Menteri Kesehatan (Menkes) RI agar dapat mengirimkan vaksin.

“Dinkes Provinsi sudah surati pak Menteri,” ujar Ansar di Batam, Selasa (27/9/2022). 

Baca: Stok Vaksin Kosong, Dinkes Karimun Hentikan Vaksinasi Booster Kedua untuk Nakes

Namun sudah seminggu setelah surat dikirimkan, hingga kemarin belum ada jawaban. Padahal program vaksinasi booster masih terus berjalan. 

“Memang seharusnya kita mesti menjamin vaksin booster,” kata dia. 

Walaupun begitu, Ansar menyampaikan capaian vaksin di Kepri sudah menggembirakan, saat ini telah tercapai 61 persen. Angka tersebut lebih tinggi daripada rata-rata nasional. 

“Tentunya kami kejar lagi, ada Batam yang juga perlu ditingkatkan capaiannya,” kata Ansar. 

Baca: Alasan Pemerintah Beri Vaksin Covid-19 Dosis Keempat ke Nakes

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Batam, Melda Sari membenarkan stok vaksin Covid-19 di Batam sudah kosong sejak Senin lalu. 

Oleh karena itu, Pemko Batam telah menghentikan jalannya vaksinasi untuk sementara waktu hingga stok vaksin tersedia kembali nantinya. 

“Iya dihentikan dulu untuk sementara waktu,” katanya.

Berdasarkan data capaian vaksinasi di Kota Batam hingga Minggu (26/9/2022), realisasi vaksin untuk dosis pertama telah mencapai 108,17 persen, dosis kedua tercapai 93,06 persen dan dosis ketiga (booster) tercapai 62,48 persen. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews