Vaksin Booster Kedua di Kepri Dimulai Besok, Prioritas Tenaga Kesehatan

Vaksin Booster Kedua di Kepri Dimulai Besok, Prioritas Tenaga Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Mochammad Bisri.

Batam, Batamnews - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 booster kedua bagi tenaga kesehatan (nakes) di Kepulauan Riau (Kepri) akan berlangsung pada esok hari, Jumat (29/7/2022). 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Riau, Mohammad Bisri mengungkapkan sebanyak kurang lebih 15 ribu nakes di Kepri akan mendapatkan vaksin booster kedua secara serentak di 7 Kabupaten/Kota yang ada di Kepri. 

Untuk jenis vaksin yang diberikan, Bisri menyebutkan bahwa akan menyesuaikan stok vaksin yang ada saat ini. 

“Kalau ada Sinovac, diberikan Sinovac, atau yang ada AstraZenecca, ya diberikan itu,” katanya saat dihubungi, Jumat (28/7/2022). 

Kemudian, terkait nakes yang diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin booster kedua, Bisri mengatakan pihaknya mengutamakan nakes yang bertugas di bidang pelayanan. 

“Yang ada di rumah sakit dan puskesmas, itu yang kami utamakan,” ucapnya. 

Para nakes bakal menerima vaksin booster kedua dalam minggu ini. Hal ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI nomor HK 02.02/C/3615/2022 tentang Vaksinasi Booster Kedua bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan. 

Surat edaran tersebut ditujukan kepada seluruh Kepala Dinas Provinsi, Kepala Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten, dan Pimpinan Fasilitas Pelayanan Kesehatan. 

Dalam SE tersebut, disampaikan bahwa mulai tanggal 29 Juli 2022 dapat dimulai pemberian vaksinasi Covid-19 dosis booster dua bagi SDM kesehatan. 

Vaksin yang dapat digunakan untuk dosis booster ke-2 ini adalah vaksin Covid-19 yang telah mendapatkan persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan memperhatikan ketersediaan vaksin yang ada.

Pemberian vaksinasi Covid-19, dosis booster kedua tersebut diberikan dengan interval 6 bulan sejak vaksinasi dosis booster pertama.

Vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua bagi SDM kesehatan dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan dan atau di pos pelayanan vaksinasi Covid-19.

(ret)