Besok, Tenaga Kesehatan di Batam Mulai Terima Vaksin Booster Kedua

Besok, Tenaga Kesehatan di Batam Mulai Terima Vaksin Booster Kedua

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Vaksinasi Covid-19 booster kedua untuk tenaga kesehatan (nakes) di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) mulai akan dilaksanakan pada Jumat (5/8/2022). 

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap awal, para naker yang akan mendapat vaksin booster kedua yaitu petugas puskesmas. Lalu dilanjutkan para nakes yang bertugas di rumah sakit. 

“Kami targetkan vaksinasi boster kedua bisa selesai dalam kurun waktu seminggu,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Batam, Melda Sari, Kamis (4/8/2022).

Untuk pelaksanaan vaksinasi booster kedua, Dinkes Batam akan menunjuk sentra vaksinasi. Hal tersebut dikarenakan tidak semua rumah sakit dan klinik yang menyelenggarakan vaksinasi booster kedua.

“Jenis vaksin yang digunakan yaitu Moderna, oleh karena itu regimennya harus Moderna ke Moderna,” jelasnya. 

Melda menyampaikan, vaksinasi booster kedua tidak bisa dilaksanakan pada pekan lalu karena menyesuaikan jenis vaksin. Sedangkan stok vaksin yang ada hanya vaksin Pfizer. 

“Kalau jenis vaksinnya Pfizer, tidak bisa dipakai, harus Moderna, makanya belum bisa dilaksanakan pada minggu lalu,” kata dia. 

Sementara itu, mengenai jumlah vaksin yang dipersiapkan untuk booster kedua akan disesuaikan dengan jumlah nakes yang ada di Batam yakni sebanyak 8.500 orang. 

"Sekarang vaksinnya sudah di Tanjungpinang. Semoga sore ini sampai," katanya.

Untuk realisasi vaksinasi booster, Melda menyebutkan bahwa telah mencapai 58 persen. Saat ini vaksinasi booster masih berlangsung di gerai-gerai vaksin yang telah ditunjuk, yaitu di seluruh Puskemas, Polsek, Grand Mal Batam, Bandara Hang Nadim, Pelabuhan Telaga Punggur, Pelabuhan Sekupang, Lapangan Futsal SP Sagulung dan Mal Botania 2. 

“Vaksinasi booster kedua hanya diperuntukkan bagi nakes saja, masyarakat umum masih hanya mendapat booster pertama,” katanya.

(ret)