10 Rekomendasi Objek Wisata di Lingga saat Tradisi Mandi Safar

10 Rekomendasi Objek Wisata di Lingga saat Tradisi Mandi Safar

Salah satu sudut di Pantai Idaman, Desa Pekaka saat air laut surut. (Foto: Ruzi/Batamnews)

Lingga, Batamnews - Tradisi Mandi Safar sudah menjadi agenda tiap tahunnya bagi masyarakat Pulau Lingga, Kepulauan Riau (Kepri). Tradisi tersebut dilaksanakan pada hari Rabu terakhir di bulan Safar dalam hitungan tahun Hijriah.

Untuk tahun ini, tradisi Mandi Safar jatuh pada, Rabu (21/9/2022).

Sudah menjadi rahasia umum ketika tradisi Mandi Safar dilaksanakan, objek wisata yang ada di Pulau Lingga itu akan ramai dikunjungi. Sejak pagi hingga sore, warga berbondong-bondong menuju pantai, air terjun serta objek pemandian.

Berikut Batamnews, merekomendasikan 10 objek wisata yang patut Anda coba kunjungi ketika tradisi Mandi Safar dilaksanakan besok, Rabu (21/9/2022).

Baca juga: Rumah Kebun, Tempat Wisata Kekinian di Dabo Singkep yang Asyik dan Nyaman Buat Nongkrong

1. Lubuk Papan

Objek wisata Pemandian Lubuk Papan yang berada di Kompleks Istana Damnah ini menjadi lokasi yang tidak pernah ketinggalan ketika tradisi Mandi Safar dijalankan.

Lokasi Pemandian Lubuk Papan berada di tengah Kota Daik. Akses ke lokasi yang dekat, tentu pemandian ini bisa menjadi salah satu lokasi pilihan Anda.

2. Air Terjun Resun

Selain Lubuk Papan, Air Terjun Resun yang berada di Desa Resun, Kecamatan Lingga Utara ini juga menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi. Dengan suasana yang sejuk karena berada di kaki gunung, air terjun ini juga ramai dikunjungi oleh warga. Apalagi sekarang kondisi Air Terjun Resun sudah sangat nyaman dengan ditingkatkannya fasilitas-fasilitas yang ada.

 

3. Pantai Pasir Panjang

Objek wisata Pantai Pasir Panjang Karang Bersulam yang terletak di Dusun Malar, Desa Persiapan Cempaka, Kecamatan Lingga, menjadi pantai yang paling dekat dengan pusat ibu kota kabupaten. Biasanya, dari tahun ke tahun setiap dilaksanakannya tradisi Mandi Safar objek wisata ini selalu ramai dikunjungi.

4. Pantai Mempanak

Terletak di Desa Sungai Pinang, Pantai Mempanak selalu menjadi pilihan warga yang berada di Kecamatan Lingga Timur. Di pantai ini pemerintah kecamatan serta desa setempat juga menyelenggarakan kegiatan seperti undian berhadiah untuk memeriahkan tradisi Mandi Safar.

5. Pantai Dungun

Berada di ujung Utara Pulau Lingga, Pantai Dungun memiliki keindahan yang luar biasa dibandingkan pantai-pantai lainnya di Pulau Lingga. Pemandangan laut lepas dengan hamparan pasir putih bersih menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini.

Sayangnya, akses jalan menuju pantai tersebut jauh dari perhatian pemerintah. Selain jalan yang sempit, akses jalan ke Pantai Dungun juga masih tanah merah.

Baca juga: Seru! Ada Turnamen Sepakbola Antar SD se-Kecamatan Lingga di Pantai Armifa

6. Pantai Seri Impian (Serim)

Pantai ini terletak di Desa Kerandin Kecamatan Lingga Timur. Meskipun tidak memiliki lokasi yang begitu luas, tapi pantai ini selalu ramai dikunjungi warga saat tradisi Mandi Safar.

Untuk Mandi Safar kali ini, di Pantai Serim tersebut juga digelar sejumlah kegiatan. Diantaranya undian berhadiah dengan beragam hadiah menarik.

7. Pantai Idaman

Pantai ini lokasinya berada di Desa Pekaka, Kecamatan Lingga Timur. Jika air laut surut, hamparan pasir putih ditambah bebatuan karang menghiasi pantai ini. Informasi yang didapat, di pantai ini juga ada undian berhadiah loh!

Di Pantai Idaman sudah tersedia tempat peristirahatan bagi para pengunjung. Juga ada bangku-bangku serta toilet untuk ruang ganti. Akses ke lokasi ini juga masih tanah merah dengan lebar jalan yang masih sempit.

 

8. Lubuk Muncung

Kembali lagi ke pusat Kota Daik Lingga, bagi Anda yang tidak mau jauh-jauh saat tradisi Mandi Safar berlangsung, bisa menjadikan Lubuk Muncung yang berada di Desa Merawang, Kecamatan Lingga ini sebagai tujuan.

Menyajikan air yang jernih dengan suasana alam yang masih asri, Lubuk Muncung selalu ramai saat Mandi Safar.

9. Sungai Kim

Sungai Kim merupakan objek wisata yang terletak di Desa Resun, Kecamatan Lingga Utara. Sungai Kim masih satu aliran dengan Air Terjun Resun. Hanya saja, Sungai Kim berada di dekat jalan raya.

Sungai Kim cocok buat Anda yang belum punya lokasi tujuan untuk Mandi Safar besok nih.

10. Pantai Armifa

Spot wisata terakhir yang Batamnews rekomendasikan buat masyarakat Pulau Lingga untuk jadi tujuan Mandi Safar besok adalah Pantai Armifa. Memang sedikit asing di telinga, Pantai Armifa merupakan lokasi baru objek wisata di Lingga.

Pantai ini berada di Desa Persiapan Cempaka. Pantai ini berada berhampiran dentan Pantai Pasir Panjang Karang Bersulam. Di pantai ini juga, berdasarkan informasi bakal ada undian berhadiah lho.

Jadi, kemana tujuan Anda untuk besok? Bakal seru nih.

(ruz)