Ansar Kumpulkan Kepala Daerah Bahas DAK di Karimun, Tapi kok Banyak yang Tak Hadir?

Ansar Kumpulkan Kepala Daerah Bahas DAK di Karimun, Tapi kok Banyak yang Tak Hadir?

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad saat rakor di Karimun. (Foto: ist)

Karimun, Batamnews - Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, mengumpulkan sejumlah kepala daerah dalam sebuah rapat koordinasi di Karimun.

Rapat koordinasi itu, digelar di Ruangan Cempaka Putih, Kantor Bupati Karimun, Senin (19/9/2022) mulai pukul 16.00 WIB hingga malam.

Namun demikian, tak semua kepala daerah hadir langsung. Ada yang hadir secara daring maupun mengirimkan perwakilan.

"Selain itu, rapat koordinasi ini menjadi langkah tindak lanjut dalam menjabarkan segala arahan bapak Presiden Republik Indonesia dalam menggesa pembangunan di tingkat pusat sampai ke daerah," kata Ansar.

Baca: Gubernur Ansar Resmi Tetapkan Tarif Baru Tranportasi Laut di Kepri Imbas Kenaikan BBM

Sejumlah topik yang dibahas dalam rapat koordinasi tersebut adalah percepatan laju pertumbuhan ekonomi, realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten/ Kota, realisasi APBD TA 2022 Kabupaten/Kota Se- Provinsi Kepulauan Riau.

Kemudian target capaian Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) sebesar 95 persen, kondisi stunting dan Evaluasi Realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang Keluarga Berencana di Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kepulauan Riau. 

"Diperlukan langkah kolaborasi yang cepat dalam menekan laju inflasi yang saat ini sudah mencapai angka 6,00 poin, termasuk dari dampak kenaikan BBM melalui Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Tentang Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu dan Jenis Bahan Bakar Minyak Penugasan," ujar Ansar.

Baca: Ansar 'Angkat Tangan', Serahkan Pengelolaan Jalan Provinsi Kepri di Batam ke Pemko/BP Batam

Untuk kenaikan BBM, Ansar mengaku jika telah menyiapkan beberapa skema kebijakan untuk menekan dampak harga BBM terhadap masyarakat.

"Saat ini Pemerintah Provinsi telah menyiapkan beberapa skema kebijakan untuk menekan dampak dari kenaikan BBM tesebut dan dibutuhkan dukungan dari seluruh elemen termasuk stakeholder terkait," jelasnya. 

Serta target sebesar 40 persen Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN), Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di Kabupaten/Kota Se- Provinsi Kepulauan Riau, dan keikutsertaan nelayan pada Program BPJS Kesehatan di Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kepulauan Riau.

Baca: Indeks Kemerdekaan Pers di Kepri Anjlok, Begini Tanggapan Gubernur Ansar

Tampak hadir dalam rapat koordinasi tersebut Bupati Karimun Aunur Rafiq selaku tuan rumah, Bupati Natuna Wan Siswandi hadir secara daring, Sekdako Batam, Asisten I Kabupaten Bintan Rony Kartika, Asisten II Kota Tanjungpinang, Kepala BI Perwakilan Kepri Musni Hardi K. Atmaja, Kepala BPS Kepri Darwis Sitorus, Kepala BRK cabang Tanjungpinang Wan Abdurahman, dan Kepala BKKBN Kepri Rohina.

(aha)