Jalur Pendakian Bukit Permata di Desa Panggak Darat Lingga Terputus Akibat Longsor

Jalur Pendakian Bukit Permata di Desa Panggak Darat Lingga Terputus Akibat Longsor

Lokasi longsor di dekat Batu Putih jalur pendakian Bukit Permata. (Foto: Ruzi/Batamnews)

Lingga, Batamnews - Jalur menuju objek wisata pendakian Bukit Permata, Desa Panggak Darat, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), terputus akibat longsor yang terjadi beberapa waktu lalu.

Pemandu senior pendakian Bukit Permata, M Yasir yang mengecek langsung kondisi longsor tersebut mengatakan, longsor tepat berada di samping Batu Putih. Di ketinggian 600-an Mdpl lebih.

"Luas longsor ini kira-kira sekitar 2 hektare lebih lah," kata dia kepada Batamnews, Rabu (14/9/2022).

Baca juga: Keindahan Bukit Permata Luluhkan Peserta Festival Gunung Daik

Ia menyebut, longsor tepat memutuskan jalur pendakian menuju puncak Bukit Permata. Sehingga pendaki tidak dapat melewati jalan itu untuk sampai ke puncak.

"Tanahnya gembur, kalau diinjak, itu kaki kita terbenam. Dan masih banyak titik-titik di lokasi itu yang rongga dan tinggal menunggu saja untuk jatuh ke bawah lagi," ujarnya.

Longsor menghantam bagian tengah dan kiri-kanan jalur. Bahkan, tanah dari titik longsor tersebut terbawa hingga ke sungai tempat peristirahatan pertama para pendaki di kaki bukit.

"Kemungkinan longsor akan meluas bisa saja terjadi. Karena kalau dilihat dari struktur tanahnya sangat gembur. Lagi pula sudah ada terlihat beberapa titik yang bakal ambruk," jelas dia.

Baca juga: Turis Malaysia Terpesona Melihat Keindahan Pemandangan di Bukit Permata

M Yasir tak jemu mengingatkan agar setiap pendaki yang naik ke puncak Bukit Permata baik nanti ketika jalur pendakian tersebut sudah dibuka kembali, agar tetap patuh terhadap pantang larang.

"Jadi jangan dianggap sepele. Semoga nantinya jalur pendakian ini bisa dibuka kembali," harapnya.

Dalam peninjauan tersebut, M Yasir tidak sendiri melainkan bersama beberapa orang lainnya dari 2R Community dan seorang rekannya Irvan. Klik disini untuk melihat vidio lokasi longsor di jalur pendakian Bukit Permata.

(ruz)