Bupati Roby Janji Naikkan Gaji Satgas Kebersihan di Bintan Tahun Depan

Bupati Roby Janji Naikkan Gaji Satgas Kebersihan di Bintan Tahun Depan

Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan memberikan penghargaan atas kinerja petugas kebersihan di Bintan.

Bintan, Batamnews - Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan berjanji akan menaikan gaji Satuan Tugas (Satgas) Kebersihan di Kabupaten Bintan. Kenaikan gaji itu telah diusulkan dan dibahas dengan DPRD Bintan agar dialokasikan di APBD 2023 mendatang.

"Kita pastikan gaji pasukan kebersihan naik di tahun depan. Tapi belum dapat kita beberkan besaran kenaikan gaji tersebut. Pastinya berapa pun nominal yang dibayarkan, itu semua takkan cukup untuk mengganti keringat bapak ibu semua," ujar Roby, Selasa (13/9/2022).

Selain kenaikan gaji, kata Roby, pihaknya menambah sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk Satgas Kebersihan Bintan. Semua itu disediakan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja tulusnya sebagai ujung tombak permasalahan sampah di Bintan.

Baca juga: Dahlia Zulfa Mundur Sebagai Sekretaris Disbudpar Bintan

Adapun sarana dan prasarananya yakni, empat unit container sampah, lima unit motor roda tiga dan satu unit mesin pencecah sampah. Kemudian di tahun ini juga ada 1 unit lori lengkap dengan bak sampahnya.

"Ini semua berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2022. Kita sangat mendukung Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk terus melengkapi seluruh sarana dan prasarana dengan menjolok Pemerintah Pusat," jelasnya.

Roby pun berharap agar prestasi yang selama ini diraih dalam bidang lingkungan hidup bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan.  Seperti Piala Adipura dan yang lainnya jangan sampai hanya piagam tanpa ada wujud nyata.

"Jadi kebersihan tidak hanya dilakukan saat penilaian saja. Kita inginkan bersih itu sebagai budaya maka diminta jagalah kebersihan dimulai dari lingkungan masyarakat," katanya.

Kepala DLH Bintan, Aprizal Bahar menyampaikan bahwa saat ini beberapa kecamatan sudah dapat dikategorikan lengkap dalam sarana prasarana kebersihan.

"Hal yang paling terpenting saat ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan," sebutnya.

Baca juga: HKGN 2022, Mardiah Ajak Orang Tua di Bintan Edukasi Anak Pentingnya Sikat Gigi

Sebagai bentuk apresiasi atas kinerja Satgas Kebersihan Bintan. DLH memberikan sebuah penghargaan di beberapa kategori.

Diantaranya Mandor Terbaik 2022 yaitu, Terbaik I Bejo A.S dari Kecamatan Gunung Kijang, Terbaik II Misyanto dari Kecamatan Bintan Utara, dan Terbaik III Mijarnako dari Kecamatan Bintan Timur.

Supir Terbaik yaitu Terbaik I Edi Suprapto dari Kecamatan Bintan Utara, Terbaik II Idris dari Kecamatan Tambelan Terbaik III Kasiman dari Kecamatan Teluk Bintan.

Kemudian Operator Terbaik yaitu Terbaik I Ujang Jumhani dari Kecamatan Toapaya, Terbaik II Mazlan Moh. Saleh dari Kecamatan Teluk Sebong, dan Terbaik III Hairul dari Kecamatan Mantang.

Terakhir, Pekerja Terbaik yaitu Terbaik I Ediwarnan dari Kecamatan Bintan Timur Terbaik II Batianus dari Kecamatan Seri Kuala Lobam Terbaik III Muhammad Nuh dari Kecamatan Bintan Pesisir.

(ary)