Ratu Elizabeth II Mangkat, Ini Raja dan Ratu Terlama di Dunia yang Masih Hidup

Ratu Elizabeth II Mangkat, Ini Raja dan Ratu Terlama di Dunia yang Masih Hidup

Ratu Elizabeth II saat di Royal Ascot. (Foto: Adrian DENNIS/AFP)

Jakarta, Batamnews - Ratu Elizabeth II mangkat di usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022) lalu. Ratu Elizabeth II tutup usia setelah 70 tahun memimpin Kerajaan Inggris.

Sebelum Ratu Elizabeth II meninggal, ia menjadi raja/ratu terlama yang memimpin suatu kerajaan. Setelah kepergian Ratu Elizabeth II, gelar raja terlama yang berkuasa kini dipegang oleh Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam.

Sultan Hassanal Bolkiah sudah memimpin kesultanan sekaligus pemerintahan Brunei selama 55 tahun. Ia diangkat sebagai Putra Mahkota pada 1961 di usia 15 tahun.

Baca juga: Inggris Tetapkan Pemakaman Ratu Elizabeth II 19 September sebagai Hari Libur

Dikutip The Star, Hassanal Bolkiah diangkat menjadi Sultan Brunei pada 1967 sehari setelah sang ayah, Sultan Omar Ali Saifuddien turun takhta.

Kesultanan Brunei dimulai sekitar 600 tahun lalu ketika Sultan Muhammad Shah memegang takhta kerajaan untuk pertama kali.

Sultan Hassanal Bolkiah memiliki 12 orang anak, lima laki-laki dan tujuh perempuan, dari tiga kali pernikahan. Kini, Sultan Hassanal Bolkiah juga telah memiliki 18 cucu.

Baca juga: Mangkat di Usia 96 Tahun, Siapa Nama Asli Ratu Elizabeth II?

Saat ini, Pangeran Al-Muhtadee Billah, anak sulung Sultan Hassanal Bolkiah, menjadi penerus takhta sang ayah.

Setelah Sultan Hassanal Bolkiah, ada Ratu Margrethe II dari Denmark yang memegang pemimpin kerajaan terlama kedua di dunia saat ini.

Ratu Margrethe II naik takhta pada 1972 pada usia 32 tahun. Di urutan ketiga monarki terlama ada Raja Swedia Carl XVI Gustaf yang naik takhta pada usia 27 tahun pada 1973.

(ruz)