Wafat di Usia 96 Tahun, Ini Rahasia Umur Panjang Ratu Elizabeth II

Wafat di Usia 96 Tahun, Ini Rahasia Umur Panjang Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II menerima kedatangan Perdana Menteri Inggris terpilih, Liz Truss, di Istana Balmoral pada Selasa (6/8/2022). (Foto: via Instagram @Royal Family)

London, Batamnews - Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada usia 96 tahun di Balmoral, kediamannya di Skotlandia pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat.

Melansir BBC News, pihak istana menyebut Ratu Elizabeth II meninggal “dalam keadaan damai.”  Elizabeth II telah memerintah kerajaan Inggris selama 70 tahun – menjadi yang paling lama berkuasa.

Ia jadi pemimpin Kerajaan Inggris yang paling lama berada di posisi tertinggi mengalahkan sang nenek buyut, Ratu Victoria. Lalu, apa rahasia umur panjang Ratu Elizabeth II?

Jatuh bangun kondisi kesehatan Sang Ratu selama setahun terakhir tak membuat keanggunannya memudar. Awak media menyoroti keningnya yang tak berkerut, dan tampilan prima dalam tiap kesempatan.

"Dia telah menua dengan sangat baik dan merupakan paradigma kesehatan dan kebugaran," kata peneliti budaya Inggris Bryan Kozlowski seperti dilansir dari New York Post.

Baca juga: Inggris Berduka, Ratu Elizabeth II Wafat di Usia 96 Tahun

Berikut rahasia umur panjang Ratu Elizabeth II.

1. Olahraga

Penulis biografi kerajaan, Ingrid Seward mengatakan, Ratu Elizabeth II menganut "olahraga yang masuk akal". Ratu Elizabeth II memilih bentuk olahraga sederhana misalnya mengajak anjing-anjing corginya jalan-jalan.

Tak hanya anjing, Sang Ratu juga memelihara kuda. Kuda sebenarnya jadi peliharaan yang lumrah di kalangan anggota keluarga kerajaan. Ratu Elizabeth II menunggang kuda secara rutin.

"Dia menunggang kuda setiap hari dan memanfaatkan waktu ini sebaik-baiknya," kata seorang sumber dari istana seperti dikutip dari Vanity Fair.

 

2. Sedikit alkohol dan camilan

Menjaga kesehatan bukan berarti benar-benar anti terhadap jenis pangan yang dianggap kurang sehat. Buktinya, Ratu Elizabeth II masih mengizinkan dirinya menikmati camilan dan alkohol. Saat menikmati ritual teh sore, ia menyeruput Darjeeling plus sandwich dan scone.

"Dia akan mengambil sepotong kue terkecil. Seperti yang disarankan oleh ahli gizi, Anda harus memberi diri Anda izin untuk sesekali makan," kata Kozlowski.

Sementara untuk alkohol, Ratu Elizabeth II dilaporkan menikmati cocktail gin di pagi hari, lalu segelas anggur atau sampanye usai makan siang dan segelas sampanye ditambah dry martini di malam hari.

3. Menu harian yang tak berubah

Barangkali buat orang lain, keragaman adalah kunci sehat. Namun buat Ratu Elizabeth II, kunci sehat adalah menu harian yang tak pernah berubah.

Brian Hoey, penulis 'At Home with the Queen', mengatakan Ratu Elizabeth II biasanya menyantap kue dan teh Earl Grey saat bangun tidur. Kemudian menu ini diikuti roti panggang dengan selai jeruk, yogurt dan sirup maple atau sereal untuk sarapan.

Seperti dilansir dari Eat This, Not That!, mantan koki keluarga kerajaan Darren Mcgrady menyebut Sang Ratu menyukai ikan dan sayuran untuk makan siang, teh dan kue untuk camilan, serta ikan dan daging seperti burung pegar, daging rusa atau salmon untuk makan malam.

Baca juga: PM Singapura Lee Hsien Loong Sampaikan Duka Cita Wafatnya Ratu Elizabeth II

4. Rajin merawat kulit

Meski sudah nenek-nenek dengan banyak cucu dan cicit, kecantikan Ratu Elizabeth II masih terpancar cemerlang. Pangeran Philip pun mengakui hal ini.

Pernah dalam kesempatan pertemuan dengan seorang bangsawan, Pangeran Philip berkelakar bahwa ia tak pernah menyadari betapa indah kulit istrinya. Namun ia buru-buru berkata "Dia memang seperti itu di manapun."

Kozlowski memastikan Sang Ratu hanya menggunakan produk yang harganya masuk akal bahkan untuk kalangan rakyat jelata. Ia menggunakan produk Cyclax termasuk pelembap Milk of Roses-nya.

Dia pun jarang sekali mengenakan make up dan menghindari paparan sinar matahari langsung sehingga pilihan lokasi liburannya pasti jauh dari Skotlandia yang tropis.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews