Lomba Seru Khas Warga Pesisir Batam Semarakkan Pesta Anak Pantai Tanjungriau

Lomba Seru Khas Warga Pesisir Batam Semarakkan Pesta Anak Pantai Tanjungriau

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan tokoh masyarakat pesisir pulau Batam, Hasyim saat membuka kegiatan Pesta Anak Pantai di Tanjungriau (foto: ist)

Batam, Batamnews - Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI telah berlalu. Namun, semaraknya masih terasa hingga September 2022.

Seperti yang tampak dalam kemeriahan bertajuk ‘Pesta Anak Pantai di Tanjungriau, Sekupang, Batam, Kepulauan Riau pada Minggu (11/9/2022). 

Ribuan masyarakat Batam tampak antusias menyaksikan berbagai perlombaan dalam acara tersebut. 

Mereka ingin menyaksikan berbagai perlombaan yang dikemas menarik, di antaranya lomba sampan ketinting, perahu layar, kapal Speed Boat dan perahu Jong, tarik tambang dan panjat pinang serta Fun Day warga pantai Tanjung Riau. 

Baca: Pesta Rakyat Belakangpadang Berlatar Gedung Pencakar Langit

Pesta Anak Pantai tersebut berlangsung selama dua hari, 10-11 September 2022. Dengan tujuan memeriahkan momen HUT ke-77 RI sekaligus ingin tetap melestarikan budaya masyarakat pesisir. 

Wali Kota Batam sekaligus Kepala BP Batam Muhammad Rudi didampingi tokoh masyarakat pulau, Hasyim membuka langsung kegiatan itu.

"Pemerintah ingin mengisi kemerdekaan dengan ekonomi yang baik, apalagi Tanjung Riau saat ini sudah tertata rapi dengan pembangunan infrastruktur yang baik yang bisa dinikmati masyarakat Batam maupun dari luar," ujar Rudi.

Menurutnya, kegiatan Pesta Anak Pantai ini dapat menjadi event yang memiliki daya tarik wisatawan. Ia berharap kegiatan tersebut bisa rutin dilakukan, agar membantu perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat pinggir pantai. 

Didampingi Wakil Gubernur, Marlin, Rudi tampak berbincang-bincang dengan masyarakat pengunjung even. Ia juga memuji panitia event yang membuat acara yang meriah. 

“Kalau pak Hasyim dah turun tangan, acaranya pasti ramai dan meriah ini. Toke pengusaha kita, tak bosan bantu anak pulau,” cetus Rudi dengan nada seloro dari atas panggung. 

Baca: Ragam Permainan Rakyat Sambut HUT Kemerdekaan di Belakangpadang

Dalam kegiatan itu, Rudi terlihat akrab dengan tokoh masyarakat Pulau, Hasyim. 

Tak berlama-lama di panggung, ia bersama tokoh masyarakat pulau pun langsung menuju dermaga pelabuhan untuk melepas secara resmi beberapa even perlombaan. 

Selanjutnya....

 

Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung meriah, even ini dinilai dapat menjadi ajang untuk mendorong kemajuan parawisata di Batam. 

Kegiatan Pesta Anak Pantai tersebut didukung langsung oleh tokoh masyarakat pesisir pulau Batam, Hasyim.

Ia memfasilitasi seluruh kapal yang digunakan peserta untuk berlomba kapal Speed Boat dan sampan layar, sampan ketinting serta hadia pesta rakyat tarik tambang dan panjat pinang. 

Hasyim juga menjadi sponsor utama pada kegiatan pesta rakyat yang berlangsung di Tanjung Riau itu.

Dalam perlombaan kapal Speed Boat itu, pacu Boat pancung, sampan ketinting ada belasan kapal yang siap beradu cepat untuk memperebutkan hadiah dan Tropy Pesta Anak Pantai.

“Kita ingin kegiatan Pesta Anak Pantai ini bisa dirasakan semua kalangan masyarakat, khususnya kami anak pantai. Tentu ini juga dapat meningkatkan ekonomi lewat bangkitnya parawisata kita,” ujar Hasyim. 

“Ini perlombaan yang kita laksanakan juga tak jauh-jauh masih seputar even yang telah menjadi budaya kita sebagai masyarakat Melayu. Lomba Sampan layar, sampan ketinting. Kan, itu sudah ada dari dulu, kita lestarikan,” imbuhnya. 

Sebagai tokoh masyarakat pulau, Hasyim mengaku punya peran penting untuk mendukung penuh kegiatan kegiatan perlombaan bagi masyarakat pulau.

Sementara itu, Camat Sekupang Tatang Wahyudi menambahkan, kegiatan pesta anak pantai ini sudah dilakukan sejak Sabtu 10 September 2022 dan hari ini Minggu merupakan puncak acara. 
"Tidak hanya di laut, kegiatan lomba masyarakat lainnya juga digelar seperti lomba panjat pinang, tarik tambang, permainan gasing, engrang hingga lomba permainan rakyat lainnya," jelas Tatang.

Semaraknya kegiatan pesta anak pantai ini merupakan bagian dalam mengisi kemerdekaan yang diikuti antusias masyarakat pesisir. Apalagi sejak pandemi Covid-19 selama dua tahun, kegiatan ini sempat tertunda.

"Masyarakat juga sudah rindu dengan kegiatan ini. Sekarang baru bisa terlaksana dan masyarakat sangat antusias," ucapnya.

Dalam kegiatan ini, panitia menyiapkan sebanyak 6 ribu kupon berhadiah dengan hadiah utama satu unit sepeda motor, sepeda hingga ratusan hadiah menarik lainnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews