750 Peserta Meriahkan Maraton Batam Batuampar 10K 2022, Berikut Daftar Pemenangnya!

750 Peserta Meriahkan Maraton Batam Batuampar 10K 2022, Berikut Daftar Pemenangnya!

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi saat membuka lomba maraton Batam Batuampar 10K 2022, Minggu (11/9/2022).

Batam, Batamnews - Lomba lari maraton Batam Batuampar 10K akhirnya sukses digelar dan disambut antusias ratusan peserta, Minggu (11/9/2022). Kegiatan ini diikuti oleh 750 orang peserta baik dari dalam dan luar Batam, bahkan diikuti peserta dari luar negeri.

"Luar biasa, sampai subuh tadi masih ada pendaftar. Selain peserta dari Batam dan daerah lain seperti Medan, Riau, Padang hingga Merauke, ada juga peserta dari Malaysia dan Singapura," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, di lokasi.

Pihaknya terpaksa membatasi jumlah peserta karena yang mendaftar hingga ribuan orang. Jumlah peserta dibatasi karena kegiatan olahraga berbalut pariwisata tersebut digelar ketika Batam baru beranjak dari Pandemi Covid-19.

Sebelumnya, kegiatan serupa bertajuk Batuampar 10K hampir setiap tahun digelar. Namun sudah 6 tahun telah vakum, hingga akhirnya kegiatan ini dihidupkan kembali.

Baca juga: Komandan Puslatpurmar 9 Dabo Singkep Tinjau Kesiapan Atlet Lingga Tatap Kejurnas Kickboxing 2022 di Batam

"Kami hidupkan lagi dan nama acaranya ditambah kata 'Batam' di depannya, sehingga skalanya lebih besar," jelasnya.

Acara ini juga digelar dengan berkolaborasi bersama TNI Angkatan Laut. Sehingga ke depan dapat menjadi salah satu event sport tourism yang rutin digelar setiap tahun untuk menarik wisatawan.

Adapun rute lomba maraton ini dimulai dari Pacific Hotel, kemudian menuju DC Mall, lanjut ke BCS hingga simpang Indomobil. Setelah itu, peserta mengarah ke The Kings Hotel, kemudian lurus melewati lampu merah Bengkong.

Hingga sampai di Kodim 0316 Batam, berbelok ke kiri menuju SMA Kartini. Untuk kategori TNI/Polri finish di sekolah tersebut dengan panjang rute 7,7 Km, sedangkan kategori umum lanjut belok kanan menuju Nagoya Hill Batam, dan berbelok kanan menuju Planet Holiday Hotel. Selanjutnya lurus menuju Nantongga dan garis finish kembali ke Pacific Hotel.

Salah satu peserta, Jeremia, mengaku event Batam Batuampar 10K menjadi daya tarik bagi para pelari maupun penggemar olahraga lari. Karena itu, ia berharap kegiatan ini tahun depan digelar lebih besar dan dibedakan pesertanya berdasarkan kategori.

"Misalnya dibuat kategori 5K, 10K, 15K, jadi peserta juga makin banyak," kata pria dari Komunitas Pelari MTC Batam tersebut.

 

Pada kesempatan itu, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi membuka acara lomba maraton Batam Batuampar 10K. Ia mengapresiasi kegiatan olahraga pariwisata yang sempat vakum tersebut dibangkitkan kembali.

Ia juga menyebut pembangunan infrastruktur seperti jalan-jalan di Kota Batam, juga sudah lebar dan mampu mengakomodir berbagai kegiatan olahraga.

"Jalan ini milik bersama, silakan dipergunakan sebaik mungkin. Saya pesan, tetap berhati-hati saat berlari, selamat bertanding," ujar Rudi yang disimak para peserta.

Rudi berpesan agar gelaran Batam Batuampar 10K pada tahun-tahun selanjutnya, dibuat dengan skala yang lebih besar. Ia meminta agar jumlah peserta tak lagi dibatasi, sehingga ajang tersebut menjadi salah satu kegiatan yang dinanti masyarakat, terutama yang menggemari olahraga lari. Tak lupa, Rudi berpesan agar jumlah hadiah juga terus ditambah.

Baca juga: Dua Tahun Absen, Tour de Bintan 2022 Targetkan Seribu Peserta dari 50 Negara

"Kalau sekarang hadiahnya baru Rp 5 juta, ke depan hadiahnya tingkatkan 3 atau 4 kali lipat lagi," katanya.

Di tempat yang sama, Komandan Pangkalam Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV, Laksamana Pertama TNI Kemas Muhammad Ikhwan Madani, mengatakan, pihaknya mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemko) Batam karena acara Batam Batuampar 10K dapat disejalankan dengan acara TNI Angkatan Laut (AL) yakni Fun Run 7,7K, sempena peringatan HUT ke-77 TNI AL. Sedianya, acara Fun Run 7,7K ini akan digelar di Tanjungpinang, namun kemudian dipindah ke Batam.

"Animonya sangat besar, ke depan akan diadakan kembali dengan jumlah peserta yang lebih banyak. Ini event pasca pandemi, semoga mendukung peningkatan ekonomi," ujar Kemas.

Adapun pemenang dari lomba lari maraton Batam Batuampar 10K ini untuk kategori putra yakni Riskan Mas dari Medan yang menyabet juara 1, kemudian pelari asal Padang yakni Olkumlah yang jadi juara 2 dan Indra, pelari asal Riau yang jadi juara 3. Sedangkan satu lagi adalah juara harapan yang diraih Ahmad Daulay asal Batam.

Sementara kategori putri, dimenangkan oleh Halimah Tunsyakdiah asal Medan, kemudian juara 2 diraih Jihan asal Sumatra Barat, juara 3 diraih Ratna Dewi asal Batam. Sedangkan juara harapan I diraih Astrid asal Batam.

Sementara untuk Fun Run 7,7K kategori putra dimenangkan oleh Diho dari Polda Kepri yang meraih juara 1, kemudian Iqbal dari TNI AD Batalyon Tuah Sakti yang meraih juara 2, lalu Alexander dari TNI AD Batalyon Tuah Sakti yang meraih juara 3.

Sementara untuk Fun Run 7,7K kategori putri, pemenangnya adalah Nur Arafah dari Lantamal IV yang meraih juara 1, Novita Desfani dari Polda Kepri yang meraih juara 2 dan Hesti Wahyu Utami dari Lantamal IV yang meraih juara 3.

(ret)