Ragam Permainan Rakyat Sambut HUT Kemerdekaan di Belakangpadang

Ragam Permainan Rakyat Sambut HUT Kemerdekaan di Belakangpadang

Ilustrasi. (Foto: ist via Daihatsu.co.id)

Batam, Batamnews - Kecamatan Belakangpadang, Kota Batam menyiapkan berbagai kegiatan menarik untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI). 

Camat Belakangpadang, Yudi Admajianto mengatakan perayaan kemerdekaan RI tahun ini diprediksi meriah mengingat dua tahun tidak dilaksanakan akibat pandemi Covid-19. 

“Banyak permainan rakyat yang akan digelar dan tarian mulai dari tanggal 12-18 Agustus,” ujar Yudi, Selasa (9/8/2022). 

Adapun permainan rakyat yang akan diselenggarakan yaitu lomba panjat pinang di tengah laut, lomba bakiak, tarik tambang, lomba bulutangkis, sepak takraw, dan domino. 

“Pada tanggal 17 Agutus, akan ada lomba bot pancung, lomba sampan layar dan lomba boat penambang antara Pulau Belakang Padang dengan Pulau Sambu,” kata dia.

Selain permainan olahraga, beberapa kesenian rakyat juga turut memeriahkan perayaan kemerdekaan RI. Di antaranya adalah joget lambak, pop yeye dan bujang dare. 

“Saat menunggu lomba sampan layar, akan diselingi dengan tarian dari Nusa Tenggara Barat (NTB), tari Peresean,” katanya.

Pada pengujung rangkaian acara di tanggal 18 Agustus 2022, akan digelar perlombaan balap becak. 

Seperti diketahui, di Belakangpadang masih banyak ojek becak yang membawa pengunjung atau penduduk menjelajahi pulau. 

“Pesertanya beragam, ada dari Batam maupun dari pulau-pulau perbatasan. Bahkan informasinya ada juga yang dari negara Brunei Darussalam yang mau ikut sampan layar,” katanya.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews