Bursa Kerja Disnaker Batam Dibuka Oktober, Legislator Kepri: Prioritaskan Putra-putri Tempatan!

Bursa Kerja Disnaker Batam Dibuka Oktober, Legislator Kepri: Prioritaskan Putra-putri Tempatan!

Wakil Ketua II DPRD Kepri, Raden Hari Tjahyono (Foto:ist)

Batam, Batamnews - Wacana Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam, akan membuka bursa kerja dengan menggandeng puluhan perusahaan disambut baik Wakil Ketua II DPRD Kepulauan Riau (Kepri), Raden Hari Tjahyono.

Menurut politisi Partai PKS ini, masalah pengangguran adalah persoalan utama masyarakat saat ini. Namun, dia berharap Disnaker bisa menyiasati untuk memprioritaskan tenaga berpengalaman tempatan atau yang ber-KTP Batam atau berdomisili di Kepri secara umum.

"Saya mengapresiasi upaya-upaya Pemda untuk melakukan event-event bursa kerja. Persoalan lapangan kerja ini sekarang adalah persoalan penting yang dikeluhkan masyarakat Kepri, semoga dengan dilakukannya upaya ini mampu menyelesaikan persoalan minimnya lapangan kerja," jelas dia.

Baca juga: Siap-siap! Disnaker Batam Gandeng Puluhan Perusahaan Gelar Bursa Kerja Oktober Mendatang

Menurut Raden Hari, agar memberikan efek positif bagi perekonomian Kepri, diharapkan ada prioritas calon tenaga kerja khususnya yang ber KTP atau berdomisili di Batam, Kepri.

"Semoga hal ini bisa didesain Disnaker Batam, ajak Disnaker Kepri untuk berkolaborasi karena Batam pusat industri dan perekonomian Kepri. Saya yakin dan percaya  sekali jika terlaksana, upaya ini mampu menekan angka pengangguran Kepri yang cukup tinggi di level nasional," ujarnya.

Melihat data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Indonesia mencapai 6,26 persen pada Februari 2021. TPT tersebut turun 0,81 persen poin ketimbang Agustus 2020 yang sebesar 7,07 persen.

Baca juga: Raden Hari: Pasar Rakyat Tanjung Uma Perlu Dikembangkan

Dilihat berdasarkan wilayahnya, ada sembilan provinsi yang punya TPT di atas rata-rata nasional. Kepulauan Riau berada di urutan pertama dengan TPT sebesar 10,12 persen pada Februari 2021.

"Kita urutan pertama di Indonesia berdasarkan data Februari 2021, itulah sebabnya momentum bursa kerja Batam ini saya harapkan bisa menampung banyak tenaga kerja putra putri tempatan. Tentunya dengan memperhatikan skill yang mereka miliki, saya yakin sekali banyak nya jumlah SMK di Kepri dan Lembaga Keterampilan yang ada di Kepri telah mendidik banyak calon naker yang siap kerja," pungkas RHT.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews