Antrean Kendaraan Mengular di SPBU Kota Batam Imbas Kabar Harga BBM Naik

Antrean Kendaraan Mengular di SPBU Kota Batam Imbas Kabar Harga BBM Naik

Antrean mengular di sejumlah SPBU di Batam Center (Foto: Arjuna/Batamnews)

Batam, Batamnews - Santer dikabarkan harga BBM subsidi bakal naik besok, 1 September 2022. Warga Batam pun banyak yang berbondong-bondong mengisi BBM hingga mengular sebelum harganya naik.

Setidaknya ada lima SPBU di Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), yang terjadi antrean panjang sejak sekitar pukul 18:30 WIB hingga saat ini.

Beberapa diantaranya ada di wilayah Batam Center hingga Sei Panas. Dari pemantau Batamnews, yang terparah antreannya ada di SPBU di dekat Bundaran Madani, Batam Center.

Baca juga: Mendagri Tito Izinkan Pemda Polisikan Pengusaha yang Pakai BBM Subsidi

Mobil-mobil yang ingin mengisi bahan bakar melimpah hingga ke badan jalan. Dari kejauhan tampak mengular. Begitu juga dengan sepeda motor yang tak kalah padatnya.

"Biasanya tak begini. Tiap sore antre juga tapi ini yang paling parah," ujar Indra, salah satu pengguna sepeda motor yang turut mengantre.

Saat ditanyai mengenai isu kenaikan BBM per tanggal 1 September esok, Indra tak mengetahui hal tersebut. Hanya saja ia memang berniat untuk mengisi bensin motor miliknya.

"Kalau itu saya kurang tau. Tapi mungkin juga itu salah satu penyebab padat kayak gini," katanya.

Baca juga: Dikabarkan Akan Naik Pekan Ini, Berikut Daftar Harga BBM di Kepri

Sebagai informasi, pemerintah dikabarkan menaikkan harga pertalite dan solar mulai 1 September 2022. Menteri ESDM Arifin Tasrif memberi sinyal bahwa pemerintah akan mengumumkan kenaikan harga BBM jenis pertalite dan solar bersubsidi pada 31 Agustus 2022.

"Ya tunggu saja besok (pengumuman kenaikan harga BBM subsidi)," ungkap Arifin, dikutip dari Antara, Selasa (30/8/2022).

Menurutnya, pemerintah masih mematangkan rencana kenaikan harga BBM pertalite dan solar bersubsidi saat ini.

Selain kode dari Menteri ESDM Arifin Tasrif, isyarat lain bahwa harga pertalite dan solar segera naik adalah rencana pemerintah memberikan subsidi bagi masyarakat.

(jun)