Tour de Bintan Bangkitkan Ekonomi Pasca Pandemi, Perputaran Uang Ditaksir Capai Rp 14 Miliar

Tour de Bintan Bangkitkan Ekonomi Pasca Pandemi, Perputaran Uang Ditaksir Capai Rp 14 Miliar

Tour de Bintan saat terakhir digelar sebelum pandemi Covid-19.

Bintan, Batamnews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan dan PT Bintan Resorts Cakrawala (BRC) telah melakukan persiapan matang untuk menyukseskan pelaksanaan Tour de Bintan 2022 yang digelar 14-16 September mendatang.

Event olahraga internasional yang dilaksanakan oleh MetaSport selaku event organizer (EO) akan dipusatkan di Kawasan Terminal Simpang Lagoi.

Ada 5 kategori perlombaan balap sepeda yang dipertandingkan dalam event yang masuk Top 100 Kalender Event Nasional ini. Dimulai dari Individual Time Trial sepanjang 175 Km, Gran Fondo Challenge 85 Km, Gran Fondo Classic 146 Km, Grand Fondo Century 108 Km dan Gran Fondo Discovery 55 Km.

Baca juga: Dua Tahun Absen, Tour de Bintan 2022 Targetkan Seribu Peserta dari 50 Negara

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, TdB yang digelar tahun ini merupakan yang ke 10 kalinya. Event yang masuk dalam Kalender Event UCI sebagai salah satu Gran Gondo World Series dengan kualitas terbaik di dunia itu dipastikan akan diikuti 800-an peserta dari puluhan negara.

"Waktu persiapan tinggal sebulan lebih lagi. Ini skala internasional, di sini juga kita memperlihatkan wajah Bintan. Siapkan sematang mungkin," ujar Roby, kemarin.

Dengan diikuti 800-an peserta dari mancanegara dan nasional, diprediksi event ini mampu menghasilkan perputaran uang mencapai Rp 14 miliar. Pemasukannya mulai dari hotel, restoran hingga UMKM sekitar.

Baca juga: Juara MTQ Kepri 2022 Asal Bintan Terima Bonus dari Bupati Roby

Besaran dana itu tidak hanya dari peserta. Tapi dari keluarga peserta dan official serta sponsornya. Jika setiap peserta membawa 2 orang lagi, maka jumlahnya sudah mencapai 2.400 orang.

"Pastinya mereka menginap, makan dan berbelanja disini selama pertandingan," jelasnya.

Untuk persiapan sudah mencapai 80 persen. Mulai dari proses kedatangan hingga pelaksanaan balap sepeda dimasa pandemi. Kemudian penginapan serta lainnya.

"Termasuk rute jalan yang akan dilalui hingga saat ini dipastikan kesiapannya mencapai 80 persen," ucapnya.

(ary)
Komentar Via Facebook :