Astronot China Sukses Tanam Benih Padi di Luar Angkasa, Sebulan Tumbuh 30 Sentimeter

Astronot China Sukses Tanam Benih Padi di Luar Angkasa, Sebulan Tumbuh 30 Sentimeter

Ilustrasi. (Foto: ist)

Beijing - Astronot China dilaporkan telah berhasil menanam benih padi di stasiun luar angkasa Tiangong. Hasil ini menjadi kontribusi pada eksplorasi pertanian untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam misi luar angkasa jangka panjang.

Dibandingkan dengan eksperimen budidaya padi lain yang pernah dilakukan sebelumnya.

Upaya yang dilakukan di Tiangong ini merupakan yang pertama untuk menargetkan siklus lengkap tanaman, mulai dari benih hingga menjadi tanaman dewasa dan menghasilkan benih baru.

Baca: Jaket Astronot Buzz Aldrin di Misi Apollo 11 Dilelang Rp 40 Miliar

China meluncurkan laboratorium luar angkasa Wentian ke orbit pada 24 Juli, yang antara lain untuk tujuan eksperimen budidaya padi.

Peneliti Center of Excellence in Molecular Plant Science, Chinese Academy of Sciences, Zheng Huiqiong mengatakan, sejak percobaan dimulai pada 29 Juli lalu, benih padi varietas tinggi telah tumbuh hingga ketinggian sekitar 30 sentimeter.

Sedangkan padi varietas pendek, benih telah tumbuh menjadi sekitar lima sentimeter.

Baca: Astronot Bakal Bisa Akses WhatsApp hingga Netflix di Bulan

"Para astronot yang terlibat akan terus memantau tanaman tersebut. Jika percobaan berhasil, mereka akan mengumpulkan benih-benih baru yang dihasilkan dan membawanya kembali ke Bumi untuk dipelajari lebih lanjut," kata dia dikutip Batamnews dari Berita Harian, Rabu (31/8/2022).

Jika ingin mendarat dan menjelajahi planet Mars, kata Zheng, persediaan makanan yang dibawa dari Bumi tidak akan cukup bagi astronot untuk melakukan perjalanan jarak jauh dan misi di luar angkasa.

"Oleh karena itu, kita perlu menemukan sumber makanan yang berkelanjutan untuk eksplorasi ruang angkasa jangka panjang," pungkasnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews