Simak, 4 Cara Lindungi Akun WhatsApp Agar Chat Tak Bocor

Simak, 4 Cara Lindungi Akun WhatsApp Agar Chat Tak Bocor

Ilustrasi.

Jakarta - WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan terpopuler di dunia. Pengembang aplikasi ini terus berinovasi agar penggunanya tetap aman.

Selain enkripsi end-to-end yang tersemat, Anda perlu tahu cara 'gembok' WhatsApp agar chat tidak bocor. Proteksi ekstra tersebut akan membuat data-data Anda, seperti chat hingga foto dan video bakal lebih aman.

Langkah ini perlu Anda lakukan bukan karena WhatsApp tidak aman. Namun, Anda mungkin pernah mengalami momen ketika teman membajak WA Anda dan mengirim pesan-pesan tidak jelas kepada nomor lain. 

Cara 'gembok' WhatsApp juga bisa menjadi langkah-langkah pencegahan jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi pada smartphone Anda.

Sebelum melangkah lebih jauh, mari mengenal sejarah singkat WA. WhatsApp alias WhatsApp Messenger atau yang kerap disingkat WA didirikan oleh Jan Koum dan Brian Acton yang merupakan eks karyawan Yahoo.

Setelah berdiri sejak 2009, WhatsApp kemudian diakuisisi Facebook pada 2014 dan bergabung dalam Meta Group milik Mark Zuckerberg.

Cara Awal 'Gembok' WhatsApp Anda

WhatsApp menyematkan enkripsi end-to-end. Dengan begitu, pesan pribadi dan panggilan Anda diklaim aman. Jadi, tidak seorang pun di luar chat Anda, termasuk WhatsApp, yang dapat membaca atau mendengarkannya.

Langkah awal 'gembok' WhatsApp adalah dengan memastikan bahwa chat WA Anda benar terenkripsi end-to-end. Anda bisa langsung melakukannya dengan mudah dan cepat melalui aplikasi dengan logo telepon berwarna hijau ini. Begini caranya:

  • Buka menu chat obrolan dengan kontak WA Anda
  • Klik nama kontak
  • Scroll ke bawah dan pilih menu "Enkripsi"
  • Bakal muncul sekumpulan angka yang berbeda dan juga kode QR
  • Anda bisa meminta kontak untuk memindai kode QR tersebut, begitupun sebaliknya.
  • Cara Kunci WA Agar Chat Tidak Bocor

Setelah memastikan chat WhatsApp Anda sudah terenkripsi secara end-to-end, kini saatnya melakukan proteksi ekstra dengan mengunci aplikasi pesan ini agar chat tidak bocor atau dibajak orang iseng. Berikut beberapa cara kunci WA yang bisa Anda pilih:

1. Cara Kunci WhatsApp di Android

  • Pastikan aplikasi WhatsApp sudah update ke versi terbaru
  • Buka WhatsApp, lalu klik menu "Settings"
  • Pilih opsi "Account" dan masuk ke "Privacy"
  • Scroll ke bawah hingga menemukan opsi "Fingerprint lock"
  • Lakukan penguncian WA dengan pilih "Unlock with fingerprint" dan klik "Set up"
  • Tentukan jenis kunci yang diinginkan, ada pattern (pola), PIN, atau sidik jari.

2. Cara Kunci WhatsApp di iOS

Bagi Anda pengguna iPhone, WhatsApp juga memberikan kemudahan untuk mengunci aplikasi agar chat tidak bocor. Namun, ada sedikit perbedaan dengan Android, yakni penggunaan fitur Touch ID atau Face ID. Ini dia langkah-langkah mengunci WA di iOS:

Buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih menu "Settings"
Pilih "Account" dan masuk ke menu "Privacy"
Scroll sampai menemukan opsi "Screen Lock"
Aktifkan toggle untuk "Require Touch ID/Face ID"
Ada 4 pilihan penguncian, mengunci secara langsung setelah WA ditutup, setelah 1 menit, 15 menit, dan 1 jam
* Namun, Anda tidak bisa mengatur tampilan notifikasi di iOS karena semua pesan masuk bakal tetap muncul di notification drawer.

Selanjutnya...

 

3. Cara Kunci WhatsApp dengan PIN Verifikasi atau Two-Factor Authentication

Selain cara di atas, ada cara lain mengunci WA dengan mengaktifkan fitur PIN verifikasi atau two-factor authentication. Cara ini bakal membuat setiap orang yang mengakses WhatsApp Anda bakal dimintai kode verifikasi yang telah diatur sebelumnya. Begini cara mengaktifkannya:

  • Buka WhatsApp, lalu masuk ke menu "Settings"
  • Setelah itu, klik "Account" dan pilih "Two-step verification" atau "Two-factor authentication"
  • Aktifkan fitur tersebut dengan memilih opsi "Enable"
  • Buat 6 digit PIN dan masukkan email Anda untuk pemulihan jika lupa kode sandi tersebut.
  • 4. Cara Kunci WhatsApp dengan Aplikasi Tambahan

Terakhir, ada cara yang tak kalah ampuh untuk 'gembok' WhatsApp Anda. Namun, cara ini memerlukan bantuan aplikasi lain. Anda bisa mengunduhnya langsung di Play Store atau App Store. Berikut beberapa aplikasi tambahan yang bisa Anda coba untuk mengunci WA:

  • AppLock
  • AppLock - Fingerprint
  • LOCKit
  • Norton App Lock
  • Perfect AppLock
  • Smart AppLock.

Tips WhatsApp Tetap Aman Agar Chat Tidak Bocor

Selain 4 cara mengunci WhatsApp, ada juga tips yang perlu Anda perhatikan agar WA tetap aman dan chat tidak bocor atau dibajak orang yang tidak bertanggung jawab. Tips ini penting dilakukan bagi Anda yang biasanya sering menggunakan WhatsApp di desktop. Ini dia tips agar WhatsApp Anda tetap aman:

1. Gunakan Aplikasi WhatsApp Resmi

Jangan sampai Anda menggunakan aplikasi WhatsApp ilegal, seperti GB WhatsApp di smartphone. Selain ilegal, aplikasi tersebut berbahaya karena berpotensi mencuri data Anda dan menyebarkan virus ke smartphone.

Selain itu, selalu gunakan aplikasi WhatsApp resmi untuk desktop Anda. Jika Anda merasa ribet menggunakan WhatsApp Web, ada juga pilihan aplikasi yang bisa diinstal di laptop atau komputer. Namun, pastikan download aplikasi tersebut langsung dari situs resmi WhatsApp.

2. Jangan Lupa Log Out dari WhatsApp Web

Bagi Anda yang doyan menggunakan WhatsApp Web, jangan lupa untuk selalu log out akun setelah selesai menggunakannya. Ini penting agar chat Anda tidak bocor apalagi sampai dibajak orang tak dikenal. Lakukan tips ini jika Anda sebelumnya log in WhatsApp di perangkat umum, seperti warnet atau komputer sekolah.

Jangan panik jika Anda lupa log out, ada cara lain yang bisa dilakukan yakni dengan memutus akses WhatsApp dengan perangkat desktop yang terhubung via aplikasi di smartphone. Masuk saja ke menu "Linked Devices", lalu pilih perangkat yang ingin Anda log out.

(dod)
Komentar Via Facebook :