Tim SAR Temukan Jenazah Nelayan Anambas yang Jatuh ke Laut

Tim SAR Temukan Jenazah Nelayan Anambas yang Jatuh ke Laut

ilustrasi

Natuna, Batamnews - Tim SAR menemukan jenazah Jery (17) remaja yang jatuh ke laut di Perairan Anambas, Rabu (24/8/2022). 

Jery merupakan awak kapal nelayan (bagan) yang mengalami nasib nahas yang terjatuh ke laut di Perairan Pulau Buan, Kabupaten Anambas, Minggu (21/8/2022).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna, Mexianus Bekabel mengatakan tim SAR melakukan pencarian selama empat hari. 

Baca juga: BP2MI Kepri Telusuri Info Kapal WNI Tenggelam ke KBRI di Malaysia

Ia mengatakan Tim SAR gabungan terdiri atas personel Kantor Pencarian dan pertolongan Natuna, Lanal Tarempa, Polairud Anambas, BPBD Kabupaten Anambas, media serta nelayan setempat.

"Korban ditemukan sekitar 5 Nm dari titik pertama, dalam keadaan meninggal dunia," kata Mexianus dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan korban pertama kali ditemukan oleh nelayan pada pukul 16.50 WIB, kemudian penemuan tersebut dilaporkan kepada Tim SAR Gabungan yang berada di Kapal Angkatan Laut ( KAL) Baruk Lanal Tarempa untuk dievakuasi.

"Setelah korban berhasil dievakuasi, tim SAR Gabungan ke KAL Baruk, selanjutnya korban dibawa ke Pulau Nyamuk untuk diserahkan kepada pihak Puskesmas Pulau Nyamuk Kecamatan Siantan Timur Kabupaten Anambas," jelasnya.

Baca juga: Kapal Imigran Gelap Asal Indonesia Tenggelam di Perairan Malaysia, 1 Orang Tewas

Atas temuan tersebut ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh unsur yang terlibat dalam pelaksanaan operasi pencarian.

"Selain itu kami mengucapkan terima kasih kepada Lanal Tarempa yang telah membantu dengan mengerahkan Kapal Angkatan Laut yaitu KAL Baruk dan juga terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Anambas atas terjalinnya kordinasi yang baik dalam mendukung pelaksanaan Operasi SAR ini," kata Mexianus.

 

Selanjutnya, dengan telah ditemukannya korban, operasi SAR terhadap satu orang anak buah kapal bagan yang terjatuh di perairan Pulau Buan Kabupaten Anambas resmi di nyatakan selesai.

(fox)