Semarak Pawai 1 Muharram di Kepri Usai Dua Tahun Ditiadakan

Semarak Pawai 1 Muharram di Kepri Usai Dua Tahun Ditiadakan

Semarak Pawai 1 Muharram di Kepri Usai Dua Tahun Ditiadakan

Tanjungpinang, Batamnews - Pemerintah Provinsi Kepri dan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provinsi Kepri kembali menggelar pawai Muharam, Minggu (31/7/2022).

Pawai yang bertepatan dengan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah ini kembali digelar setelah dua tahun absen akibat pandemi Covid-19.

Kegiatan digelar di Kota Tanjungpinang. Animo masyarakat sangat tinggi untuk menyaksikan Pawai Muharam.

Sejak pukul 8.00 pagi masyarakat Tanjungpinang dan Bintan sudah memadati pinggir jalan di mana pawai akan melewati mereka. Panas matahari pagi tidak menghalangi mereka untuk melepas kerinduan melihat pawai yang sudah lama tidak mereka saksikan.

Pawai Muharam 1444 H dimulai dari titik awal di kantor lama Walikota Tanjungpinang dan berakhir di Gedung Daerah, Pawai Muharam tersebut dilepas langsung oleh Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provinsi Kepri Dewi Kumalasari.

Peserta Pawai Muharam tahun ini diikuti oleh siswa dan siswi dari seluruh SMAN dan SMKN di kota Tanjungpinang yang berjumlah 13 sekolah.

Setiap sekolah menampilkan mobil hias masing-masing yang menonjolkan kreativitas mereka dengan menggunakan barang daur ulang. Masing-masing sekolah juga menampilkan berbagai pertunjukan seni yang mereka miliki seperti marawis dan rebana.

Tidak hanya peserta dari sekolah, Pawai Muharam juga diikuti oleh seluruh BKMT Kecamatan se-Kota Tanjungpinang.

Mereka bersama-sama menyanyikan salawat dan memukul kompang untuk semakin memeriahkan Pawai Muharam. Diperkirakan total peserta yang mengikuti Pawai Muharam tahun ini mencapai 3.000 orang.

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad yang menyaksikan Pawai Muharam dari panggung bersama Dr. Ali Mochtar Ngabalin mengaku sangat bahagia dan bersyukur melihat antusias masyarakat berbondong-bondong melihat Pawai Muharam.

"Kita sangat bersyukur Pawai Muharam bisa kita adakan lagi, dengan banyaknya masyarakat yang datang saya kira ini momentum awal yang bagus untuk kita menjadikan tahun Hijriah ini tahun yang penuh berkah," kata Ansar.

Hal senada diaminkan Ketua BKMT Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari, dirinya mengatakan momentum tahun baru hijriah mengandung makna semangat perjuangan tanpa putus asa dan  rasa optimisme yang tinggi, yaitu semangat berhijrah ke arah yang lebih baik.

"Untuk itu melalui peringatan  tahun baru Islam 1 Muharam dan Tabligh Akbar ini, marilah kita meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, mempererat ikatan silaturahmi dan selalu bersyukur  atas segala nikmat yang telah Allah berikan," kata Dewi Kumalasari.

Usai Pawai Muharam, Gubernur Ansar langsung menuju halaman Gedung Daerah untuk mengikuti Tablig Akbar. Tampil sebagai penceramah, Dr. Ali Mochtar Ngabalin.

(CR1)