Pariwisata Bintan Mulai Bangkit, 40 Pelaku Usaha Kuliner Diberi Pelatihan

Pariwisata Bintan Mulai Bangkit, 40 Pelaku Usaha Kuliner Diberi Pelatihan

Pelatihan bagi pelaku usaha kuliner di Bintan. (Foto: ist)

Bintan, Batamnews - Sektor pariwisata di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau mulai bangkit setelah dua tahun diterpa pandemi Covid-19. 

Hal itu terbukti dengan meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari Singapura setiap bulannya.

Momen kebangkitan ini dimanfaatkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bintan. Mereka melatih para pelaku usaha kuliner dan pengelola pondok wisata agar dapat menangkap peluang besar tersebut.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Bintan Panca Azdighuna, mengatakan Pemkab Bintan sangat berharap pelaku usaha dapat menangkap peluang. Karena kondisi pariwisata Bintan saat ini mulai kembali bangkit. 

"Kami minta manfaatkan pelatihan ini. Jika serius akan membuahkan hasil yang optimal   bukan ceremonial belaka," katanya di Hello Bintan Beach Cottage, Selasa (28/6/2022).

Sementara itu, Kabid Pengembangan Destinasi Disbudpar Bintan, Ardiansyah, mengatakan kali ini 40 pelaku usaha di bidang kuliner termasuk di pondok-pondok wisata Kabupaten Bintan dilatih untuk mengembangkan bisnis. 

"Mereka kita latih selama tiga hari. Dimulai dari 28-30 Juni," ujar Ardiansyah.
 
Kegiatan yang dilaksanakan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkompetensi di bidang usaha pariwisata ini bersumber dari DAK Non Fisik. 

Tentunya selesai pelatihan ini pihaknya akan melakukan evaluasi. Tujuannya untuk melihat sejauh mana pelatihan ini membawa perubahan bagi para pelaku wisata khususnya di bidang kuliner

"Evaluasi itu pasti. Berkesinambungan kita lakukan. Jadi diminta para peserta manfaatkan pelatihan ini karena ilmu itu sangat berharga," ucapnya.

(ary)
Komentar Via Facebook :