Balap Sepeda Tour de Bintan Kembali Digelar Tahun Ini

Balap Sepeda Tour de Bintan Kembali Digelar Tahun Ini

Ajang Tour de Bintan saat digelar sebelum pandemi Covid-19. (Foto: dok. Batamnews)

Bintan, Batamnews - Ajang balap sepeda Tour de Bintan (TdB) kembali digelar setelah dua tahun absen akibat pandemi Covid-19.

Rencananya iven satu-satunya yang masuk Kalender Kejuaraan Dunia UCI Grand Gondo di Indonesia itu dilaksanakan pada Oktober 2022 mendatang.

Sama seperti sebelumnya, ajang balap sepeda kelas dunia ini memperlombakan bebebrapa kategori. Dimulai dari Individual Time Trial sepanjang 175 Km, Grand Fondo Challenge 85 Km, Grand Fondo Classic 146 Km, Grand Fondo Century 108 Km dan Grand Fondo Discovery 55 Km.

"InsyaAllah info dari PT BRC  diperkiraan TdB digelar 22 Oktober 2022," ujar Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Bintan Wan Rudi Iskandar, Senin (27/6/2022).

Untuk tahun ini, Pemkab Bintan dan PT BRC akan menggelar iven tersebut. Nantinya ajang debut olahraga internasional itu akan ditangani oleh Metasport dan EO dari Singapura.

"Iven ini berhenti sejenak selama 2 tahun. Tapi kini Bintan kembali bangkit dan akan menggelar kembali iven-iven internasional," jelasnya.

Sementara dari Pemkab Bintan akan melibatkan beberapa instansi. Baik vertikal maupun horizontal seperti kepolisian dan TNI untuk keamanan dan kenyamanan serta untuk kedatangan peserta mancanegara ditangani pihak imigrasi. 

Kemudian Dinkes Kepri dan Bintan akan melakukan pemeriksaan kesehatan para peserta. Lalu Dinas PUPR Bintan yang menjamin kondisi jalanan. Sehingga diakukan perbaikan jalanan yang rusak sebelum Iven dilaksanakan serta dinas terkait lainnya.

"Ada juga dukungan dari Kemenpar RI dan Pemprov Kepri untuk promosinya, souvenir dan lainnya,"  katanya.

Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan mengatakan dengan menurunnya kasus Covid-19 menjadikan momen kebangkitan bagi Kabupaten Bintan. Sebab berbagai iven Internasional sudah bisa kembali digelar.

"Seluruh sektor pekerja pariwisata sudah 100 persen divaksinasi dosis 3 sehingga menjadikan Bintan sangat aman untuk dikunjungi," sebutnya.

Iven internasional itu digelar juga bedasarkan pemantauan beberapa bulan terakhir semenjak pintu masuk dari Singapura-Indonesia dibuka. 

Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo, mengapresiasi kerja keras Pemkab Bintan bersama PT BRC membangkitkan dunia pariwisata. 

"Pariwisata jadi salah satu sektor yang terkena imbas akibat pandemi. Maka tahun ini akan menjadi momen untuk kebangkitan," ucapnya.

Kabupaten Bintan dipercayai mampu menarik kunjungan wisman yang sangat besar di Indonesia. Karena Bintan memiliki keunikan tersendiri, selain wilayah geografisnya diapit oleh Malaysia dan Singapura juga menyimpan alam yang sangat indah dan masih alami.

"Kami dari KBRI Singapura juga sangat siap berkolaborasi untuk mendukung bangkitnya dunia pariwisata di Indonesia khususnya di Bintan," tutupnya.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews