Wako Rudi Sebut 50 Persen Pendaftar PPDB di Batam Tak Tertampung

Wako Rudi Sebut 50 Persen Pendaftar PPDB di Batam Tak Tertampung

ilustrasi

Batam, Batamnews - Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Batam tahun 2022 telah selesai. Namun ternyata sebanyak 50 persen pendaftar tidak tertampung di sekolah-sekolah negeri yang menjadi tujuan para pendaftar. 

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengaku saat ini pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam sedang berkoordinasi dengan seluruh sekolah negeri tingkat SD dan SMP. 

“Program wajib belajar itu harus dijalankan,” ujar Rudi saat ditemui di Mako Polisi Militer Angkatan Darat Kota Batam, Rabu (22/6/2022). 

Ia menjelaskan, para calon peserta didik yang tidak tertampung ini karena jumlah rombongan belajar (rombel) yang ada saat ini masih kurang. Untuk solusi jangka pendek, dilakukan penambahan shift belajar. 

“Jadi setiap sekolah harus double shift, ada yang masuk pagi dan ada yang masuk siang,” katanya. 

Dengan begitu, pihak sekolah juga harus menambah jam mengajar bagi guru. Karena guru mengajar pada shift pagi dan siang. 

Untuk jangka panjang dengan penambahan ruang belajar, hal itu tidak dapat dilakukan karena anggaran terbatas. Sehingga penambahan shift belajar harus dengan menggunakan ruangan yang sama. 

“Shift pagi dan sore di ruang yang sama,” kata dia. 

(ret)