Natuna Punya Embung Air Bersih untuk Warga Tapi Tak Difungsikan

Natuna Punya Embung Air Bersih untuk Warga Tapi Tak Difungsikan

Embung Serbaguna Sedanau, Natuna. (Foto: Yanto/batamnews)

Natuna, Batamnews - Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau memiliki embung untuk memenuhi pasokan air bersih bagi warga. Sayangnya, embung tersebut belum sepenuhnya difungsikan.

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum ( Perumda) Tirta Nusa Kabupaten Natuna, Muhammad Zaki, berharap jika pemerintah segera memfungsikan segera embung yang berada di Kelurahan Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat itu. 

"Untuk mengantisipasi kerusakan infrastruktur dan sarana embung yang sudah lama tidak terpakai. Yang kedua, karena selain fisik embung, terdapat juga beberapa sarana yang sudah disediakan di sana seperti pintu air, pintu penguras, intake dan mesin pompa serta pipa induk," kata Zaki, Selasa (31/5/2022). 

"Barang-barang ini kalau lama-lama tidak digunakan bisa rusak. Kasihan juga jadinya," lanjut Zaki. 

Alasan lain dari mendesaknya pengoperasian embung tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.

Selama ini masyarakat Sedanau hanya menggunakan air bersih yang dibeli seharga Rp 15 ribu per kubik. Harga ini dinilainya sama dengan harga penjualan air untuk kebutuhan sektor industri.

Beda halnya jika embung itu dapat dikelola oleh PDAM selaku perpanjangan tangan pemerintah dalam urusan air bersih masyarakat, maka diyakini harga air itu akan dapat dibayar dengan harga yang lebih murah oleh masyarakat.

"Kalau embung itu dioperasikan harga bayar air perkubik paling setengah harga dari harga beli yang sekarang. Atau paling tidak Rp 8 ribu lah per kubiknya," ujar Zaki.

Dengan demikian ia berharap embung itu segera dapat dioperasikan agar tujuan pembangunannya juga segera dapat diwujudkan. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews