Wisata Mangrove Pandang Tak Jemu Batam Masuk Nominasi ASWI 2022

Wisata Mangrove Pandang Tak Jemu Batam Masuk Nominasi ASWI 2022

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi wisata mangrove Pandang Tak Jemu di Nongsa, Batam. (Foto: juna/batamnews)

Batam, Batamnews - Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) patut berbangga. Pasalnya, wisata mangrove Pandang Tak Jemu yang berlokasi di Kampung Tua Bakau Serip, Nongsa, masuk dalam nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno turut menyambangi destinasi wisata mangrove itu, pada Selasa (31/5/2022).

Wisata Mangrove Pandang Tak Jemu kini masuk dalam 50 desa wisata terbaik dalam ADWI 2022 Kemenparekraf RI.

Sandiaga Uno mengatakan, terpilihnya wisata mangrove Pandang Tak Jemu telah melalui proses seleksi yang panjang hingga akhirnya masuk dalam kategori desa wisata terbaik atau terfavorit di Indonesia.

"Lebih dari 7 ribu desa wisata ada di seluruh Indonesia pada tahun 2022, dan terjaring 3.419 peserta desa wisata dari 34 Provinsi di Indonesia," kata dia.

Rangkaian anugerah sudah melalui beragam tahap kurasi berdasarkan penilaian dewan juri terhadap 7 kategori penilaian klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data melalui website Jejaring Desa Wisata atau Jadesta.

"Mulai dari proses kurasi menjadi 500 desa wisata, kemudian 300 desa wisata, lalu dikerucutkan kembali 100 besar hingga terpilih 50 desa wisata terbaik," kata dia.

Lebih jauh, ada 3 aspek yang didapat dari wisata Pandang Tak Jemu. Diantaranya ialah rekreasi, edukasi dan konservasi lingkungan.

"Kita tidak hanya menciptakan lapangan kerja, sudah ada 100 lapangan kerja, ibu-ibu diberdayakan. Pontensi juga, seperti apa yang saya bicarakan dengan Bapak Konsultasi Muda Singapura, kalau anak-anak Singapura libur bisa diberikan paket berlibur edukasi di sini," ujarnya.

Sandiaga Uno juga berpesan agar menjadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk terus tetap mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit.

Sementara itu, Gerri, pengelola wisata mengucapkan terima kasih atas terpilihanya Desa Bakau Sirip Pandang Tak Jemu masuk dalam 50 desa terbaik di Indonesia.

"Alhamdulillah, Kampung Tua Bakau Serip masuk 50 besar Desa Wisata Terbaik dalam ADWI 2022 oleh Kemenparekraf. Ini suatu pencapaian yang luar biasa," ujarnya. 
 

(jun)