3 Desa di Lingga Masuk 500 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

3 Desa di Lingga Masuk 500 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

Desa Mepar (Foto: Instagram/@pulau_mepar)

Lingga, Batamnews - Sebanyak 3 desa di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), masuk 500 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Ketiga desa tersebut yakni, Desa Wisata Resun Kecamatan Lingga Utara, Desa Wisata Mepar Kecamatan Lingga, dan terakhir yaitu Desa Wisata Benan Kecamatan Katang Bidare.

Keputusan tersebut diumumkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Salahuddin Uno, melalui akun Youtube Anugerah Desa Wisata pada Selasa, (19/4/2022) malam.

Baca juga: Warga Pulau Bukit Keluhkan Listrik-Air Bersih ke Bupati Lingga Nizar

ADWI 2022 diikuti 3.419 desa wisata di seluruh Indonesia. Pencapaian tersebut melebihi target dari tahun sebelumnya dan merupakan bentuk apresiasi dan antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat seluruh Indonesia.

“Selamat kepada 500 besar desa wisata ADWI 2022. Jadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk terus tetap mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit,” kata Sandi pada kesempatan tersebut.

Bagi desa wisata yang belum lolos 500 besar ADWI 2022, Sandi mengimbau agar terus meningkatkan inovasi, adaptasi dan kolaborasi, melalui pengisian data di website Jadesta.

Laman Jadesta itu, lanjut Sandi, merupakan wadah dan arah Kemenparekraf RI dalam menyusun rencana pengembangan desa-desa wisata di seluruh Indonesia.

Baca juga: Tiga Desa Jadi Sasaran `Jelajah Berkah Ramadhan` Penghobi Motor Trail Lingga

“Ayo kita terus gali potensi wisata di seluruh Indonesia sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional, demi kesejahteraan rakyat untuk Indonesia bangkit,” pungkasnya.

Selain 3 desa di Lingga, beberapa desa lainnya di Kepri juga masuk dalam daftar 500 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Berikut daftar desa wisata di Kepri yang masuk 500 besar ADWI 2022:

1. Desa Wisata Resun, Kabupaten Lingga
2. Desa Wisata Mepar, Kabupaten Lingga
3. Desa Wisata Benan, Kabupaten Lingga
4. Desa Wisata Mekar Jaya, Kabupaten Natuna
5. Desa Wisata Cemaga Tengah, Kabupaten Natuna
6. Desa Wisata Pesona Mata Ikan, Kota Batam
7. Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip, Kota Batam

(ruz)