Gubernur Ansar Salurkan Bantuan Miliaran Rupiah untuk RT/RW di Lingga

Gubernur Ansar Salurkan Bantuan Miliaran Rupiah untuk RT/RW di Lingga

Gubernur Ansar menyerahkan secara simbolis bantuan untuk RT/RW di Lingga (Foto: ist/kepriprov)

Lingga, Batamnews - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad menyerahkan bantuan kepada RT/RW, Operasional Posyandu dan bantuan transportasi laut siswa, serta penyerahan apresiasi kepada pelajar berprestasi di Kabupaten Lingga, Rabu (25/5/2022).

Lingga menjadi kabupaten kedua di Kepri yang disambangi Gubernur Ansar setelah Karimun dalam agenda yang sama. Di Lingga, Ansar menyerahkan bantuan dengan total keseluruhan Rp 2,2 miliar.

Penyerahan bantuan dilakukan di beberapa lokasi di Lingga. Pertama dilakukan di Aula Kantor Bupati Lingga, dan selanjutnya di Gedung Nasional Dabo Singkep.

Ansar mengatakan, apresiasi dan penghargaan kepada RT/RW yang merupakan perpanjangan tangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota maupun Pemerintah Daerah Provinsi dalam menyampaikan setiap kegiatan/program pembangunan memang patut diprioritaskan. 

Baca juga: Pembangunan Permanen Jembatan Musai Lingga Diprioritaskan Tahun Depan

Namun sama dengan di Karimun, Gubernur Ansar juga meminta maaf kepada perangkat RT/RW di Lingga karena rencana pemberian bantuan kendaraan roda dua belum dapat direalisasikan. Gubernur Ansar mengaku telah berkonsultasi dengan Kemendagri terkait bantuan tersebut, namun terganjal perihal mobilisasi aset. 

"Karena RT/RW akan terus mengalami pergantian, sehingga terkait aset sepeda motor akan berpotensi bermasalah nantinya, yang juga beresiko menyeret perangkat RT/RW ke masalah hukum. Namun janji tetap kita realisasikan, meskipun dalam bentuk lain," jelas Gubernur.

Total bantuan yang diserahkan Gubernur Ansar kepada RT se-Kabupaten Lingga sebanyak Rp 928 juta yang diberikan kepada 774 orang RT. Masing-masing menerima Rp 1,2 juta. Sedangkan bantuan kepada RW sebanyak Rp 381 juta yang diberikan kepada 318 orang RW, dan masing-masing juga menerima Rp1,2 juta. 

Kemudian terkait bantuan operasional posyandu, Gubernur Ansar mengatakan bahwa keberadaan posyandu sangat diperlukan dalam mendekatkan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat. Utamanya terkait dengan upaya peningkatan status gizi masyarakat serta upaya kesehatan ibu dan anak. 

 

"Imunisasi dasar lengkap wajib diberikan kepada anak. Karena lebih baik kita melakukan usaha pencegahan daripada pengobatan jika terkena penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi," ungkap Gubernur. 

Sebanyak 73 posyandu di Kabupaten Lingga yang mendapat bantuan operasional dari Pemprov Kepri. Masing-masing posyandu mendapat Rp 5 juta dengan total Rp 365 juta .

Dengan bantuan tersebut Gubernur Ansar berharap semua posyandu dapat kembali berdaya sebagai garda terdepan kesehatan masyarakat. 

"Kalau posyandu berdaya, maka tugas puskesmas dan rumah sakit akan berkurang. Karena mulai dari ibu hamil, balita, lansia, serta nantinya juga remaja pemeriksaan awalnya ada di posyandu," kata Gubernur.

Baca juga: PSM Makassar Rekrut Striker Muda Asal Lingga Ramadhan Sananta

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Ansar juga menyerahkan bantuan kepada siswa untuk transportasi laut dengan anggaran sebesar Rp 582 juta . Dengan rincian SMA N 1 Senayang, Kecamatan Senayang sebesar Rp 97,2 juta.

Selanjutnya SMA N 2 Senayang, Kecamatan Katang Bidare sebesar Rp 25,2 juta, SMA N 3 Senayang, Kecamatan Bakung Serumpun sebesar Rp 237,9 juta, SMA N 4 Senayang, Kecamatan Temiang Pesisir sebesar Rp 56,3 juta.

Kemudian SMA N 1 Lingga Utara, Kecamatan Lingga Utara sebesar Rp 83,1 juta, dan SMA N 3 Lingga, Kecamatan Selayar sebesar Rp 21,6 juta. 

Bantuan terhadap RT/RW dan operasional posyandu nantinya akan dikoordinir oleh Dinas PMD dan Dukcapil Provinsi Kepri. Sedangkan bantuan transportasi laut bagi siswa akan dikoordinir oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews